Kiat-Kiat Menahan Sakit Hati


Kiat Mengendalikan Hati yang Terluka

Dalam kalimat lain dapat ditulis “Kiat/cara Mengendalikan qalbu/jiwa yang sedang dirundung emosi amarah dan kesedihan“.

Menjaga Lisan
Cara yang paling tepat adalah dengan menahan lisan dan tangan dari berbuat munkar.
Sebab seseorang yang sedang marah dan merasa sakit hati apabila ia tidak mengendalikan jiwa, maka justru akan menodai dirinya sendiri dengan lisan yang buruk; ia mengucapkan perkataan-perkataan yang lebih keji yakni dengan mengumpat dan memberikan khabar dusta; berbohong, menebar fitnah, dan ghibah (sebagai bentuk i’tiqad untuk membalas rasa sakit hatinya).

Memperbanyak Istighfar
Diwaktu yang seperti itu ia perlu memperbanyak istighfar yang lafazh-nya: Astaghfirullah-Wa-Atubu-‘Ilaihi; ( أَسْتَغْفِرُ الله وَأتوبُ إِلَيْهِ ); aku memohon ampun kepada Allāh عَزَّ وَجَلَّ dan aku bertaubat kepada-Nya.

Mengganti Posisi
Serta dengan mengganti posisi tubuhnya; segera duduk apabila ia marah dalam keadaan berdiri, segera berbaring apabila ia masih marah dalam posisi duduk, sebab hal ini dapat meredam emosi amarah dan menjauhkan tangannya dari memukul orang lain atau membanting sesuatu, tersebut sejalan dengan petunjuk/ Sunnah Rasulullah ‎صلى الله عليه وسلم.

Orang yang Kuat
Sungguh, seseorang yang kuat bukanlah ia yang paling keras membanting barang diwaktu marah, melainkan yang pandai menahan dan mengendalikan jiwanya. Sehingga tidaklah seorang Mukmin merasa marah dan bersedih, melainkan ia tetap menjaga lisan dan tangannya dari perbuatan yang mendatangkan murka Allāh عَزَّ وَجَلَّ.

Lebih Terang dari Sinar Matahari
Tidak pula seseorang itu berlama-lama dalam kesedihan, meratapi keadaan. Sungguh tidak ada yang lebih menyedihkan selain dipalingkan dari Al-Haq (al-Kitab dan as-Sunnah ash-Shahihah) atau Allah Ta’ala membiarkan seseorang dalam keadaan tersesat setelah datang kepadanya peringatan (al-Kitab dan as-Sunnah ash-Shahihah) yang cahayanya lebih terang dari matahari yang bersinar disiang hari.

Catatan Penting:
Merasa marah dan mengumbar amarah adalah dua hal yang berbeda.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *