Berapa Banyak Sebaiknya Al Qur’an Dibaca?


Sebaiknya orang yang hendak membaca Al-Qur’an wudhu’ terlebih dahulu, juga memperhatikan adab-adab yang baik, duduk bersila, tidak boleh bersandar atau duduk dengan posisi sekenanya atau dengan posisi yang menggambarkan kecongkakan. Posisi yang paling baik saat membaca Al-Qur’an ialah berdiri di dalam shalat dan dilakukan di masjid.

Tentang banyaknya bacaan, maka kebiasaan orang-orang salaf berbeda-beda. Di antara mereka ada yang membaca sekali khatam selama sehari semalam, ada yang sekali khatam untuk seminggu, ada pula yang khatam selama sehari satu bulan, tergantung pada kesibukan masing-masing dalam mempelajari ilmu, mengajarkan dan menyebarkannya atau ibadah lain membaca Al-Qur’an atau karena kesibukan dunia. Yang lebih penting, tidak sampai menyiksa badan dan membacanya secara tartil dan memahami kandungannya.

Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhuma pernah berkata, “Aku lebih suka membaca surat Al-Baqarah dan Ali Imran, membacanya secara tartil dan mendalaminya, daripada membaca seluruh Al-Qur’an secara serampangan. Barangsiapa waktunya lebih banyak longgar, hendaklah dia mempergunakan dengan banyak membaca, agar dia beruntung mendapatkan pahala yang banyak.”

Utsman bin Affan pernah membaca Al-Qur’an (seluruhnya) dalam satu rakaat witirnya. Asy-Syafi’i pernah menghatamkan sebanyak enam puluh kali pada bulan Ramadhan. Diusahakan agar membaca Al-Qur’an dilakukan secara istiqamah.

Ibnu Mas’ud berkata, “Barangsiapa mengkhatamkan bacaan Al-Qur’an maka dia memiliki doa yang dikabulkan.”

Apabila Anas bin Malik khatam Al-Qur’an, maka dia mengumpulkan seluruh keluarganya lalu berdoa.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *