Abdullah Ibn Mas’ud Sang Penghafal Al-Qur’an


IBNU MAS’UD. Siapa yang tidak kenal sahabat Rasulullah ini. Namanya dikenal oleh penduduk bumi maupun penduduk langit. Beliau adalah Abdullah Ibnu mas’ud. Salah satu sahabat Rasulullah yang menemaninya semenjak Ibn mas’ud kecil. Tidak hanya itu yang membuatnya istimewa, tapi Rahmat Allah berupa hafalan Quran didapatnya semenjak kecil. ya… Abdullah Ibn mas’ud adalah penghafal Al Quran semenjak kecil.

Nama lengkap beliau adalah Abdullah bin Mas’ud bin Ghafil al-Hudzali. Sahabat Mulia ini memiliki nama julukannya “Abu Abdirahman”. Beliau termasuk sahabat yang pertama kali masuk islam. Abdullah Ibn Mas’ud adalah sahabat ke-6 yang paling dahulu masuk Islam (As-sabiqunal Awwalun).

Seperti yang diketahui, sahabat mulia ini pernah hijrah ke Habasyah dua kali, dan mengikut semua peperangan bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam.

Anda pasti tahu tentang abu Jahal, perlu diketahui Abdullah Ibn Mas’ud pula yang berhasil membunuh Abu Jahal di perang Badar.

Kisah masuk Islamnya Abdullah bin Mas’ud ini diceritakan dirinya bahwa suatu ketika ia tengah menggembala kambing kepunyaan ‘Uqba bin Mu’ith, kemudian Rasulullah SAW, dan Abu Bakar lewat dan berkata,

“Wahai anak kecil! Apakah ada susu di kambing ini!”

Ibnu Mas’ud menjawab, ” Ada, tetapi ini adalah amanat (bukan kepunyaannya).

Kemudian Rasulullah SAW kembali bertanya,

“Apakah diantara kambing yang mandul tidak dapat memberikan anak?”

“Ya…”, jawab Ibnu Mas’ud.

Kemudian dia memberikan kambing yang tidak bisa menghasilkan susu, kemudian Rasulullah SAW mengusap-usap perutnya dengan tangannya yang mulia dan membacakan beberapa kalimat, maka mengalirlah susu atas izin Allah Dari hewan tersebut, lalu Rasulullah SAW menampung susu tersebut dengan kedua tangannya dan meminumnya, baru kemudian diberikan kepada Abu Bakar untuk diminum.

Ibnu Mas’ud lantas berkata,

“Ajarkan kepada saya kalimat yang anda baca tadi…!”

Lalu Rasulullah SAW memandangnya dengan penuh kelembutan dan kasih sayang, dan mengusap kepalanya dan dadanya, lalu berkata :

“Sesunnguhnya engkau adalah anak kecil yang berpendidikan”, lalu beliau pergi meninggalkannya. (HR Ahmad).

Abdullah bin Mas’Ud Sang Pemberani

Ada sebuah kisah yang akan membuat kita takjub tentang Abdulloh bin Mas’ud sang Pecinta Quran. kisah ini akan menceritakan tentang keberanian Abdullah Ibn mas’ud dalam mendakwahkan AL Quran kepada manusia.

Dalam suatu hadits yang panjang, pada suatu waktu saat para sahabat berkumpul bersama Rasulullah SAW, Ketika itu mereka berkata:

“Demi Allah, orang Quraisy nampaknya belum pernah sama sekali mendengar ayat-ayat Al-Quran diabacakan dengan terang-terangan (keras), adakah seseorang yang ingin melakukannya?”

Maka Abdullah bin Mas’Ud pun langsung berdiri dan berkata :

“Saya… Biarkanlah saya melakukannya karena Allah yang akan melindungiku.” Ujarnya penuh berani, Hal ini pun membuat para sahabat yang hadits berdecak kagum.

Tidak Lama Kemudian Sang Pemberani inipun pergi ke Ka’bah yaitu waktu Dhuha, lalu duduk dan mengangkat suaranya dengan lantang, dan membaca Al-Qur’an dengan lancar dan fasih.

Orang-orang Quraisy yang mendengarnya sangat terheran dan takjub, siapakah yang berani melakukan hal demikian di sekitar kita?

Merekapun mencari tahu dan ternyata yang melakukannya adalah Abdullah bin Mas’Ud. Apa gerangan yang dilakukan anak Ummu Abd.?

Namun hal diluar dugaan terjadi. Mereka menarik Abdullah bin Mas’Ud dan memukulnya dengan pukulan yang sangat keras, namun tetap melanjutkan bacaannya dan tambah keras pula lah pukulannya, dan beliau pun akhirnya menderita sakit yang sangat parah, hingga berhenti dari bacaannya, penduduk Mekah pun akhirnya meninggalkannya.

Dialah sang pemberani itu. keberaniannya itu bukanlah kekonyolan, karena yang didapatkannya lebih berharga dari apapun. yaitu, Cinta dari Allah dan RasulNya serta penduduk langit yang menyaksikan kisah keberanian ini.

Dialah penghafal Al Quran. karena Ruh dan semangat dari AL Quran meresap di jiwa dan membuatnya bertambah berani dan kuat. Dialah penghafal Al Quran.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *