Zaid bin Tsabit, Penghafal Al Quran & Ahli Bahasa

Zaid bin Tsabit radhiyallahu’anhu adalah seorang sahabat yang terkenal. Pada masanya, ia termasuk salah seorang dari kalangan alim ulama dan mufti. Dikenal sebagai salah seorang sahabat yang mengafal Alquran, Zaid juga memiliki kemampuan mempelajari bahasa dengan waktu yang singkat.

Apabila Nabi Shalallahu ‘alaihi Wasallam  akan mengirim surat kepada orang Yahudi, maka orang Yahudi lah yang akan menulisnya. Suatu ketika, Beliau berkata pada Zaid, “Surat-surat yang dikirim dengan tulisan orang Yahudi membuatku tidak tenang. Aku khawatir ia menulis yang bukan-bukan dan mengacaukannya. Sebaiknya kamu mempelajari bahasa Yahudi.”

Akhirnya Zaid pun belajar bahasa Yahudi yaitu bahasa Ibrani, sampai sempurna selama lima belas hari. Sehingga, jika Rasulullah akan berkirim surat kepada orang Yahudi, ia akan menuliskannya. Kemudian jika datang surat dari orang Yahudi, ialah yang membacakannya untuk beliau.

Dalam riwayat lain dikatakan dari Zaid bahwa Rasulullah bersabda, “Kadangkala aku terpaksa menyuruh orang lain menuliskan surat dalam bahasa Suryani.” Lalu Zaid disuruh oleh Beliau agar mempelajari bahasa Suryani. Ia dapat menguasai bahasa Suryani dalam masa tujuh belas hari. (Fathul-Bari)

Selain kemampuannya mempelajari bahasa, secara khusus Zaid sangat menguasai ilmu waris. Ia juga termasuk ulama ahli fatwa Faraid dan Qiraat di Madinah Al-Munawwarah. Ketika Rasulullah hijrah ke Madinah, ia masih seorang anak belia berusia 11 tahun.

Ia sangat ingin menyertai pertempuran Badar, namun ketika itu ia belum diizinkan karena usianya yang masih kecil. Ketika Rasulullah tiba di Madinah untuk berhijrah, orang-orang berdatangan mengambil berkah dan berkhidmat kepada Beliau. Mereka juga membawa anak-anak mereka ke majelis tersebut untuk keberkahan, termasuk Zaid kecil.

Zaid bercerita, “Ketika aku dibawa ke majelis Rasulullah, aku diperkenalkan kepada beliau, ‘Ini anak kabilah Banu Najar. Sebelum engkau ke Madinah, ia sudah  menghafal tujuh belas surat dalam Alquran.’ Lalu Rasulullah mengujinya dengan menyuruh membaca surat-surat Alquran tersebut. Maka, ia memperdengarkan surat Qaaf kepada Rasulullah Shalallahu ‘alai Wasallam dan beliau menyukai bacaan Zaid  radhiyallahu’anhu.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *