Umar bin Khatthab Sang Pembeda

Siapakah diantara kita yang tidak mengenal Sahabat yang mulia ini? Ia ditakuti oleh musuh musuh Islam, bahkan oleh syaitan sekalipun. Ia digelari oleh Rasulullaah shallallahu alaihi wasallam dengan julukan “Al Faruq” seorang pembeda antara haq dan bathil. Sosok yag menjadi khalifah kedua dalam sejarah Islam. Ia senantiasa menemani Rasul dalam peperangan bersama sahabat yang lainnya, seperti perang Badar, Uhud Khondak dan yang lainnya. Bahkan Ia termasuk dari salah satu sahabat yang dijamin masuk surga.

Ya, Ia adalah Umar bin Khatthab bin Naufail, beliau bertemu dengan silsilah Rasulullah pada Ka’ab bin Lu’ay Al Qurosyi. Beliau termasuk golongan orang terpandang dan mulia.

Umar bin Khatthab radhiyallaahu ‘anhu masuk islam pada tahun keenam setelah kenabian, dimana pada waktu itu sekitar 40 orang laki laki dan 11 wanita telah mendahuluinya masuk islam. Beliau berusia 26 tahun saat itu.

Sebelum Umar bin Khatthab memeluk islam, beliau adalah orang yang sangat memusuhi islam dan Rasulullaaah. Suatu ketika beliau hendak membunuh Rasul, namun ditengah tengah perjalanan ia berjumapa dengan seseorang dari Bani Zuhroh dan mengabarkan bahwa adiknya beserta suaminya telah masuk Islam. Mendengar hal itu Umar langsung bertolak menuju rumah adiknya. Sesampainya disana Umar mendapati adik dan iparnya sedang mempelajari Al Qur’an dan sempat mendengarkannya. Singkat cerita terjadilah percakapan antara Umar dan adiknya sehingga Allah Ta’ala membukakan hatinya untuk menerima Islam. Dalam kitab Arohiqul Makhtum disebutkan bahwa Abdullah bin Mas’un rodhiyallahu ‘anhu berkata “Kami (Umat Islam) menjadi mulia setelah Umar masuk Islam.”

Sebagai seorang sahabat yang mulia Umar memiliki banyak keutamaan. Berikut hadits-hadits Nabi yang menerangkan keutamaan-keutamaan yang dimilikinya:

  1. Dari Abu Hurairah rodhiyallahu ‘anhu Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sungguh ada dari umat terdahulu orang-orang yang diberi ilham oleh Allah Ta’ala, sedangkan dari umatku ada satu orang yaitu Umar” (HR. Bukhori dan Muslim)
  2. Dari Sa’ad bin Abi Waqosh, Rasulullah sallallahu’alaihi wasallam bersabda: “Wahai ibnul Khatthab, demi Dzat yang diriku berada ditangan-Nya tidaklah setan melewati suatu jalan yang engkau melewatinya pula melainkan ia mengambil jalan lain.” (HR. Bukhori dan Muslim)

Dan masih banyak lagi keutamaan beliau, diantaranya adalah searasnya pendapat-pendapat beliau dengan wahyu Allah dalam beberapa peristiwa.

Sebagai seorang khalifah yang memimpin kaum muslimin, Umar sungguh jauh dari kesan mewah dan bergelimangan harta. Beliau amat zuhud dalam kehidupannya dan senantiasa mengingat akhiratnya. Al Hasan berkata: “Umar berkhutbah dihadapan manusia sedangkan pada pakaiannya terdapat dua belas jahitan, padahal beliau adalah seorang khalifah.

Diceritakan oleh Abdullah bin Umar, ia berkata: “Seandainya ada seekor kambing yang mati di sungai Eufrat sungguh aku takut Allah akan menghisab Umar dengan sebab itu.”

Maka dari apa yang disampaikan para sahabat tentang Umar jelaslah bagi kita bahwa beliau aalah orang yang begitu zuhud dalam kehidupannya, begitu takut dan takwa kepada Rabbnya. Selama beliau memimpin kaum muslimin banyak sekali sumbangsih yang beliau berikan bagi Islam dan kaum muslimin diantaranya:

  1. Penaklukan Baitul Maqdish
  2. Penaklukan beberapa negeri
  3. Pembuatan kalender hijriah

Pada hari Rabu tahun 23 Hijriah di bulan Dzulhijjah beliau ditikam dengan pisau bermata dua oleh seorang laki-laki majusi bernama Abu Lu’Luah Al Majusi saat beliau sedang mengimami kaum muslimin shalat shubuh. Hal itu dilakukan Abu Lu’Luah sebagai bentuk kebenciannya terhadap beliau karena negeri Persia ditaklukan oleh kaum muslimin pada masa kepemimpinannya.

Dengan sebab inilah beliau kembali ke hadirat Allah Ta’ala diusianya yang ke-63 tahun dan dikuburkan berdampingan dengan Nabi Sallallahu’alaihi wasallam beserta Abu Bakar As Shiddiq Radhiallahu ‘anhum ajma’in

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *