Pengorbanan untuk Sebuah Ilmu


Keadaan sulit terkadang membuat kita mampu mengerjakan banyak produktivitas. Sementara kondisi yang lapang malah justru membuat kita terlena. Segala kemudahan yang ada bukannya menjadikan diri semakin baik akan tetapi malah tertinggal jauh di belakang.

Ya, orang menyebutnya dengan zona nyaman. Sebuah tempat tak terlihat, sangat sulit ditinggalkan orang kecuali bagi mereka yang memiliki ambisi dan semangat kuat.

Berbicara tentang ilmu, tidak ada teladan yang lebih baik melebihi para salaf dalam menuntutnya. Mereka telah memberikan contoh terbaik tentang bersemangat dalam menuntut ilmu agama, meraihnya, serta rindu kepadanya.

Mereka telah membuktikannya dengan keindahan akhlak, kecerdasan, ketajaman pikiran, kekuatan menghafal, serta bukti-bukti lain yang mereka miliki. Lalu, apa yang membuat para salaf begitu luar biasa dalam ilmu?

Yahya bin Abi Katsir rahimahullah berkata, “Ilmu tidak akan diperoleh dengan tubuh yang santai (tidak bersungguh-sungguh).”

Perkataan beliau ini semakna dengan perkataan Imam Asy-Syafi’i rahimahullah, “Tidak mungkin menuntut ilmu orang yang pembosan, merasa puas jiwanya, kemudian ia menjadi beruntung. Akan tetapi ia harus menuntut ilmu dengan menahan diri, merasakan kesempitan hidup, dan berkhidmat untuk ilmu, maka ia akan beruntung.”

Orang yang berkeinginan meraih ilmu namun hanya ingin mengisi hidupnya dengan bersantai dan berleha-leha, lebih baik menarik selimutnya kembali dan melanjutkan mimpinya.

Orang yang tidak berkenan meninggalkan zona nyamannya tidak mungkin mendapatkan keberkahan ilmu. Karena ilmu hanya bisa didapatkan dengan pengorbanan berupa waktu, tenaga, dan pikiran. Bahkan dengan harta.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *