Anak Yatim dan Seorang Ibu Mulia


Di balik kepiawaian seorang ulama terkemuka, ada seorang guru yang mendidiknya hingga ia bisa menjadi orang yang terpandang baik karena akhlaknya juga ilmunya. Keuletan si ulama sejak usia kanak-kanak dimanfaatkan baik oleh sang guru untuk menciduk berbagai mata air ilmu dari sumbernya. Berharap kelak sang anak menjadi orang yang bermanfaat bagi umat.

Ibu Imam Al-Auza’i adalah pemeran di balik tarbiyahnya hingga menjadi salah satu ulama yang memiliki madzhab tersendiri, imam sekaligus ulama di Syam. Ibunya menggantikan peran ayahnya yang meninggal dunia ketika Al-Auza’i masih kecil, menjadi tulang punggung sekaligus guru dalam keluarga.

Seorang ibu mulia, berilmu dan shalihah. Dia yang mengarahkannya dengan baik. Setiap kali tumbuh besar, sang ibu melihat tanda keunggulan, cinta ilmu, daya tangkap yang cepat dan kecerdasan yang tajam dalam diri anaknya. Ia mencurahkan segenap perhatiannya kepada si anak dengan seluruh kemampuan yang dia miliki untuk menciptakan situasi yang tepat.

Ketika Baalbek tidak lagi mampu memberikan bentuan pendidikan bagi remaja yang penuh gairah dengan ilmu ini, ibunya membawanya kembali ke Damaskus dan tinggal di rumahnya yang dulu di Auza’i.

Ibunya bekerja susah payah demi memenuhi segala kebutuhan hidup anaknya. Agar bisa fokus belajar dan menuntut ilmu, bukan sibuk dengan hal lain. Sampai akhirnya ia menjadi pusat perhatian kala beranjak dewasa dalam hal menghafal hadits, menekuni bidang tersebut secara unggul dan istimewa.

Ustadz Muhammad Kurdi Ali menulis dalam kitabnya “Khuthath Asy-Syam, “Abdurrahman bin Amr Al-Auza’i Al-Bairuti adalah imam dan ulama Syam. Konon, ia bisa menjawab tujuh puluh ribu pertanyaan. Madzhabnya diterapkan di Syam sekitar dua abad. Orang yang terakhir menerapkan madzhabnya adalah Ahmad bin Sulaiman bin Jandalam, hakim Syam.”

Al-Auza’i juga memiliki kedudukan tinggi Syam. Bagi rakyat Syam, ia lebih mulia dari sultan.
Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *