Al-Quran Mencegah Kepikunan

Lupa adalah hal yang biasa terjadi pada manusia. Apalagi bagi orang yang sudah sepuh, lupa pada orang tua biasa disebut pikun. Namun pada masa kini, lupa juga sering terjadi pada orang yang masih muda. Sehingga memunculkan istilah “Masih muda kok sudah pikun…”, istilah itu tentu pernah kita dengar bukan?

Penyakit lupa disebabkan oleh hati yang lalai mengingat Allah Ta’ala. Lupa yang muncul karena lalai mengingat Allah Ta’ala akan terobati dengan selalu mengingat Allah Ta’ala. mengingat nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kita, mengingat tanda-tanda kebesaran-Nya melalui apa yang telah diciptakan-Nya dilangit dan di bumi, dan mengingat hari pembalasan.

وَاذْكُرْ رَبَّكَ إِذَا نَسِيتَ

“Dan ingatlah kepada tuhanmu jika kamu lupa…” (Al-Kahfi: 24)

Al-Quran memuji mu’min yang selalu mengingat Allah Ta’ala dan menyipati mereka sebagai orang yang punya akal dan senantiasa berfikir.

Dalam teori belajar, hal yang dilakukan dengan terus menerus akan senantiasa terpatri dalam pikiran dan hatinya. Hal ini menjadikan orang tidak mudah lupa akan sesuatu.

Mengingat Allah Ta’ala bisa jadi penawar penyakit lupa dan hati yang lalai. Allah Ta’ala memerintahkan kita untuk mengingatnya siang dan malam, pagi dan petang melalui berdzikir.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا (41) وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلا (42)

“Hai orang-orang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di watu pagi dan petang.” (Al-Ahzab: 41-42)

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِكُمْ ۚ

“Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat (mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring…” (An-Nisa’: 103)

Prinsip yang digunakan dalam menyembuhkan penyakit lupa tersebut adalah dengan mengingat Allah Ta’ala secara terus-menerus, sehingga kebiasaan tersebut tertanam kuat dalam hati manusia.

Dari situ kita bisa mengambil kesimpulan bahwa cara menyembuhkan penyakit lupa yang biasa di alami dalam mengingat informasi adalah juga dengan mengulang-ulang dan mengingat informasi tersebut.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *