7 Azab Kubur Paling Mengerikan


Kematian akan menghampiri setiap manusia. Setalah mengalami mati, apa yang akan terjadi kepada manusia di alam kubur? Mungkin masih banyak manusia yang mempertanyakan tentang siksa kubur, apakah memang benar nyata adanya?

Sebagai seorang muslim tentu kita meyakini bahwa siksa atau azab kubur memang ada karena telah disebutkan dalam Al-Qur’an maupun Hadist.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

فَوَقَاهُ اللَّهُ سَيِّئَاتِ مَا مَكَرُوا ۖ وَحَاقَ بِآلِ فِرْعَوْنَ سُوءُ الْعَذَابِ النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا ۖ وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ أَدْخِلُوا آلَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِ

“Maka Allah memeliharanya dari kejahatan dan tipu daya mereka, dan Fir’aun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang amat buruk. Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): ‘Masukkanlah Fir’aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras’.” (QS. Ghafir: 45-46).

Aisyah Radhiyallahu ‘anha pernah bertanya kepada Rasulullah tentang azab kubur, dan Beliau menjawab: “Ya. Azab kubur itu benar adanya.” Aisyah Radiyallahu ‘anha berkata: “Setelah kejadian tersebut, aku tidak pernah melihat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat kecuali berlindung dari azab kubur.” (HR. Bukhari).

Alam kubur atau alam barzakh merupakan alam transisi dari dunia menuju akhirat, yang dimulai ketika jasad dikebumikan hingga nanti di hari kebangkitan setelah kiamat.

Bagi orang beriman dan beramal saleh, kehidupan di alam kubur tentu menyenangkan. Namun sebaliknya, bagi orang kafir dan orang yang banyak berbuat dosa maupun maksiat akan mendapatkan azab yang sangat mengerikan.

Azab yang diterima bukan hanya dirasakan oleh ruh saja tetapi juga jasadnya atas kekuasaan Allah Ta’ala. Berikut ini adalah 5 azab kubur paling mengerikan yang akan diterima di alam kubur:
Ditampakkannya neraka

Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda yang artinya: “Apabila seseorang telah mati akan diperlihatkan kepadanya tempat tinggalnya pada pagi dan sore. Jika dia termasuk penghuni surga maka diperlihatkan tempatnya di surga. Dan jika dia penghuni neraka maka diperlihatkan tempatnya di neraka. Kemudian dikatakan kepadanya, “Inilah tempatmu yang akan engkau tempati pada hari kiamat.” (HR. Muslim, Ahmad, Malik).

Azab kubur yang mengerikan ini akan diperlihatkan di pagi dan sore hari, dimana pintu neraka dibuka untuknya hingga hawa panas yang tak terkira dirasakan sebagai salah satu siksa kubur yang sangat pedih.
Alas tidur dari api neraka

Bukan hanya pintu neraka yang dibuka dan hawa panasnya yang menyelimuti tetapi juga berupa alas tidur dari siksa api neraka. Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan malaikatnya untuk menggelarkan alas tidur dari api neraka bagi hamba-Nya yang durhaka. Keteranagn ini terdapat dalam hadis Hr. Al-Hakim, HR An-Nasa’i, HR. Ahmad, dan HR. Ibnu Majah.
Disempitkannya liang kubur hingga remuk tulang belulangnya

Azab bagi hamba yang durhaka kepada Tuhannya adalah dengan disempitkannya liang kubur hingga meremukkan tulang belulangnya. Sebagaimana sabda Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa Sallam:

فَأَفْرِشُوهُ مِنَ النَّارِ وَافْتَحُوا لَهُ بَابًا مِنَ النَّارِ؛ فَيَأْتِيهِ مِنْ حَرِّهَا وَسُمُومِهَا وَيَضِيقُ عَلَيْهِ قَبْرُهُ حَتَّى تَخْتَلِفَ فِيهِ أَضْلاَعُهُ وَيَأْتِيهِ رَجُلٌ قَبِيحُ الْوَجْهِ قَبِيحُ الثِّيَابِ مُنْتِنُ الرِّيحِ فَيَقُولُ: أَبْشِرْ بِالَّذِي يَسُوؤُكَ، هَذَا يَوْمُكَ الَّذِي كُنْتَ تُوعَدُ. فَيَقُولُ: مَنْ أَنْتَ، فَوَجْهُكَ الْوَجْهُ الَّذِي يَجِيءُ بِالشَّرِّ. فَيَقُولُ: أَنَا عَمَلُكَ الْخَبِيثُ. فَيَقُولُ: رَبِّ لَا تُقِمِ السَّاعَةَ

“Gelarkanlah untuknya alas tidur dari api neraka, dan bukakanlah untuknya sebuah pintu ke neraka. Maka panas dan uap panasnya mengenainya. Lalu disempitkan kuburnya sampai tulang-tulang rusuknya berimpitan. Kemudian datanglah kepadanya seseorang yang jelek wajahnya, jelek pakaiannya, dan busuk baunya. Dia berkata: ‘Bergembiralah engkau dengan perkara yang akan menyiksamu. Inilah hari yang dahulu engkau dijanjikan dengannya (di dunia).’ Maka dia bertanya: ‘Siapakah engkau? Wajahmu adalah wajah yang datang dengan kejelekan.’ Dia menjawab: ‘Aku adalah amalanmu yang jelek.’ Maka dia berkata: ‘Wahai Rabbku, jangan engkau datangkan hari kiamat’.” (HR. Ahmad, An-Nasa’i, Ibnu Majah dan Al-Hakim)
Ditemani oleh amalan buruk

Orang kafir dan durhaka kepada Allah Ta’ala akan ditemani oleh amalan buruknya di alam kubur. Sebagaimana sabda Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa Sallam: “Kemudian datang kepadanya seorang yang berwajah jelek dan berbau busuk. Orang itu berkata, ‘Berbahagialah dengan apa yang menyakitimu, inilah hari yang dijanjikan padamu.’ Lalu si mayat bertanya, ‘Siapa engkau yang berwajah jelek?’ Ia menjawab, ‘Aku adalah amalanmu yang buruk.’ Lalu mayat itu berkata, ‘Rabb-ku janganlah engkau datangkan kiamat’. (Karena ia tahu kesudahannya adalah neraka).” (HR. Ahmad, An Nasa’i, Ibnu Majah, dan Al Hakim).
Dipukul dengan palu besi

Ketika berada di alam kubur, manusia akan didatangi oleh dua malaikat yaitu Munkar dan Nakir yang menanyakan Siapakah Tuhanmu, Siapakah Nabimu, dan Apakah agamamu? Jika manusia tersebut tidak bisa menjawab maka dia akan mendapatkan pukulan dari palu besi yang sangat keras di wajahnya.

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

فَأَمَّا الْكَافِرُ وَالْمُنَافِقُ فَيَقُولَانِ لَهُ: مَا كُنْتَ تَقُولُ فِي هَذَا الرَّجُلِ؟ فَيَقُولُ: لَا أَدْرِي، كُنْتُ أَقُولُ مَا يَقُولُ النَّاسُ. فَيَقُولَانِ: لَا دَرَيْتَ وَلَا تَلَيْتَ. ثُمَّ يُضْرَبُ بِمِطْرَاقٍ مِنْ حَدِيدٍ بَيْنَ أُذُنَيْهِ فَيَصِيحُ فَيَسْمَعُهَا مَنْ عَلَيْهَا غَيْرُ الثَّقَلَيْنِ

Adapun orang kafir atau munafik, maka kedua malaikat tersebut bertanya kepadanya: “Apa jawabanmu tentang orang ini (Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam)?” Dia mengatakan: “Aku tidak tahu. Aku mengatakan apa yang dikatakan orang-orang.” Maka kedua malaikat itu mengatakan: “Engkau tidak tahu?! Engkau tidak membaca?!” Kemudian ia dipukul dengan palu dari besi, tepat di wajahnya. Dia lalu menjerit dengan jeritan yang sangat keras yang didengar seluruh penduduk bumi, kecuali dua golongan: jin dan manusia.” (Muttafaqun ‘alaih)
Dicabik-cabik ular besar dan ganas

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa seorang wanita yang tidak mau menyusui anaknya tanpa alasan syar’i payudaranya akan dicabi-cabik oleh ular ganas. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

فَإِذَا أَنَا بِنِسَاءٍ تَنْهَشُ ثَدْيَهُنَّ الْحَيَّاتُ، فَقُلْتُ: مَا بَالُ هَؤُلَاءِ؟ فَقَالَ: اللَّوَاتِي يَمْنَعْنَ أَوْلَادَهُنَّ أَلْبَانَهُنَّ

“Tiba-tiba aku melihat para wanita yang payudara-payudara mereka dicabik-cabik ular yang ganas. Maka aku bertanya: ‘Kenapa mereka?’ Malaikat menjawab: ‘Mereka adalah para wanita yang tidak mau menyusui anak-anaknya (tanpa alasan syar’i)’.” (HR. Al-Hakim)
Mencabik Muka Sendiri dari Kuku yang Terbuat dari Tembaga

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لَمَّا عَرَجَ بِي رَبِّي عَزَّ وَجَلَّ مَرَرْتُ بِقَوْمٍ لَهُمْ أَظْفَارٌ مِنْ نُحَاسٍ يَخْمُشُونَ وُجُوهَهُمْ وَصُدُورَهُمْ، فَقُلْتُ: مَنْ هَؤُلَاءِ يَا جِبْرِيلُ؟ قَالَ: هَؤُلَاءِ الَّذِينَ يَأْكُلُونَ لُحُومَ النَّاسِ وَيَقَعُونَ فِي أَعْرَاضِهِمْ

“Tatkala Rabbku memi’rajkanku (menaikkan ke langit), aku melewati beberapa kaum yang memiliki kuku dari tembaga, dalam keadaan mereka mencabik-cabik wajah dan dada mereka dengan kukunya. Maka aku bertanya: ‘Siapakah mereka ini wahai Jibril?’ Dia menjawab: ‘Mereka adalah orang-orang yang memakan daging (suka mengghibah) dan menjatuhkan kehormatan manusia’.” (HR. Ahmad)

Selain itu masih banyak siksa kubur yang akan diterima sesuai dengan dosa yang telah diperbuat di dunia. Sebagai contoh dalam sebuah riwayat (HR. Al Bukhari) disebutkan bahwa seorang pendusta akan diazab dengan dirobek mulutnya, seorang yang telah Allah ajari Al-Qur’an tapi tidak bangun dan shalat malam serta tidak mengamalkannya di siang hari kepalanya dipecah sampai hari kiamat, seorang pezina akan disiksa di dalam tanur.

Baca Juga: Subhanallah, 7 Golongan Manusia ini akan mendapatkan Naungan dari Allah di Akhirat nanti

Naudzubillah, semoga kita senantiasa memperbaiki iman dan akhlak kita dengan amal perbuatan yang baik. Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa Sallam mengajarkan pada kita untuk membaca do’a memohon perlindungan kepada Allah Ta’ala dari empat perkara pada saat tasyahud akhir:

“Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, siksa neraka Jahanam, fitnah kehidupan dan setelah mati, serta dari kejahatan fitnah Almasih Dajjjal.” (HR. Bukhari Muslim).

Semoga Allah Ta’ala mengampuni dosa-dosa kita. Wallahu a’lam bish-shawab. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *