Urgensi Sifat Jujur


Urgensi Sifat Jujur – Kejujuran adalah lawan dari dusta dan dia memiliki arti kecocokan sebagaimana fakta yang sebenarnya. Al Quran menyebutkan (tentang ibunda Nabi Isa as), “Dan ibunya adalah seorang shiddiqah.” (QS Al Maa’idah, 5: 75). Maksud shiddiqah disini adalah orang yang selalu berlaku jujur, baik dalam perbuatan maupun perkataan. Nabi saw disifati dengan ash shaadiqul amin (jujur dan terpercaya). Sifat ini telah diketahui oleh orang-orang Quraisy jauh sebelum beliau diangkat menjadi rasul.

Urgensi Sifat Jujur

Hal yang sama terjadi pula pada Nabi Yusuf as. Beliau disifati pula dengan jujur, sebagaimana firman Allah, (setelah pelayan itu berjumpa dengan Yusuf as. dia berseru), “Yusuf, wahai orang yang sangat dipercaya!” (QS Yusuf, 12: 46)

Ibnu Katsir berkata, “Jujur merupakan karakter yang sangat terpuji. Oleh karena itu, sebagian besar sahabat tidak pernah mencoba-coba untuk melakukan kedustaan, baik pada masa jahiliyah, terlebih lagi setelah masuk Islam. Sesungguhnya, kejujuran merupakan ciri keimanan, sebagaimana dusta menjadi ciri kemunafikan. Siapa yang jujur, dia pasti akan beruntung.”

Dalam Al Quran Allah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.” (QS At Taubah, 9: 119).

Pada ayat ini Allah Swt mengisyaratkan kepada kaum muslimin untuk senantiasa bersama orang-orang yang jujur.

Dari Abdullah bin Mas’ud bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya kejujuran itu adalah kebaikan, dan kebaikan itu akan membimbing ke surga. seseorang yang senantiasa berlaku jujur dan memelihara kejujuran, niscaya dia akan dicatat sebagai orang yang jujur di sisi Allah. dan sesungguhnya dusta itu adalah kejahatan; dan sesungguhnya kedustaan itu akan menggiring ke neraka. Seseorang yang memelihara kedustaan, maka dia akan dicatat sebagai pendusta di sisi Allah.” (HR Muslim).

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *