Tips Mengendalikan Marah dari Rasulullah


Tips Mengendalikan Marah dari Rasulullah – Dari Abu Hurairah disampaikan bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi saw, “Berilah aku wasiat.” Rasulullah pun bersabda, “Jangan marah.” Dia pun bertanya dan tetap dijawab, “Jangan Marah.” (HR Bukhari)

Rasulullah saw. sangat sering dimintai wasiat dan nasihatnya oleh para sahabat. akan tetapi, jawaban beliau sering berbeda-beda. Jawaban yang diberikan tidak sama antara orang yang satu dengan lainnya. Menurut para ulama, rahasia dari perbedaan jawaban tersebut ada dua. Pertama, jawaban atas pertanyaan disesuaikan dengan keadaan orang yang bertanya. Artinya, jawaban Rasulullah saw. adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh orang yang bertanya, terkait dengan keadaannya. Kedua, demi beragamnya wasiat yang disampaikan sehingga umat beliau memiliki banyak pilihan dalam menjalankan ketaatan, sekaligus untuk tidak memberatkan. Selain itu, setiap wasiat yang Rasulullah saw. sampaikan pasti akan disampaikan kepada yang lain sehingga beliau pun meragamkan jawaban.
Tips Mengendalikan Marah dari Rasulullah

Tips Mengendalikan Marah dari Rasulullah

Perintah Rasulullah saw. untuk tidak marah, setidaknya mengandung dua penafsiran. Pertama, anjuran untuk menahan amarah, yaitu ketika ada sesuatu yang membuat marah seseorang harus berusaha untuk tidak melampiaskan kemarahannya Kedua, menghindarkan diri dari sebab-sebab yang bisa mendatangkan kemarahan.

Namun, jika emosi negatif sudah muncul, Rasulullah menyarankan beberapa cara untuk mengendalikannya

1. Membaca ta’awwudz. Rasulullah saw. bersabda, “Ada satu kalimat yang apabila diucapkan, niscaya akan hilang kemarahan (emosi) seseorang yaitu, “a’uudzu billahi minasyaithaanir rajiim; aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.” (HR Bukhari Muslim)
2. Berwudu. Rasulullah saw. bersabda. “Kemarahan itu dari setan, sedangkan setan tercipta dari api; dan api hanya bisa padam dengan air, maka kalau kalian marah, berwudulah.” (HR Abu Dawud)
3. Duduk. Rasulullah saw. bersabda, “Apabila kalian marah, maka duduklah. Apabila tidak hilang juga, maka bertiduranlah.” (HR Abu Dawud)
4. Diam. Rasulullah saw. bersabda, “Ajarilah (orang lain), mudahkanlah, jangan mempersulit masalah. Kalau kalian marah, diamlah.” (HR Ahmad)
5.Sujud atau melaksanakan shalat sunnah minimal dua rakaat. Rasulullah saw. bersabda, “Ketahuilah, sesungguhnya marah itu bara api dalam hati manusia. Maka, barangsiapa mendapatkan hal itu, maka hendaklah ia menempelkan pipinya dengan tanah (sujud).” (HR Tirmidzi).

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *