Taubat, Perbuatan yang Sangat Dicintai Allah


Taubat adalah perbuatan yang teramat dicintai Allah. Rintihan orang yang bertobat lebih Dia cintai daripada gemuruhnya suara tasbih. Al Fakhrurrazi, dalam tafsirnya, mengungkapkan sebuah kisah, bahwa di Lauhul Mahfudz para malaikat sering berusaha melihat amal-amal yang dilakukan manusia di bumi. Akan tetapi, seringkali ketika melihat amal baik manusia, mereka pun ingin mengetahui pula amal-amal beruk manusia. Pada saat itu, Allah Swt. menutupkan tirai-tirai yang membuat para malaikat tidak bisa melihatnya.

Para malaikat pun berkata, ”Mahasuci Allah yang menampakkan yang indah-indah dan menutup yang jelek-jelek.” Mereka pun ingin sekali turun ke bumi untuk melihat kenyataan sebenarnya. Apakah bumi itu seindah yang dibayangkannya?

Setelah turun ke bumi, mereka menemukan dua amalan yang dilakukan oleh penduduk bumi tetapi tidak dilakukan oleh penduduk langit. Kalau penduduk bumi melakukan thawaf, penduduk langit pun melakukannya. Kalau penduduk bumi bertasbih, penduduk langit pun bertasbih. Akan tetapi, ketika orang-orang mampu dari penduduk bumi membantu orang-orang miskin dan seorang pendosa yang menangisi dosa-dosanya, penduduk langit tidak ada yang bisa melakukannya. Dalam sebuah hadits qudsi, Allah Swt. berfirman, ”Tangisan seorang pendosa lebih Aku cintai daripada gemuruhnya suran orang yang bertasbih.”

Oleh karena itu, Allah Yang Mahakuasa tidak pernah jemu menerima tobat seorang hamba yang berlumuran dosa. Dia senantiasa membentangkan Tangan-Nya untuk menerima kembali para pendosa yang ingin kembali kepada-Nya. Mengapa? Allah Mahatahu bahwa hamba-Nya tidak luput dari kesalahan dan dosa. Mereka diciptakan dengan memiliki banyak kekurangan. Karena memiliki banyak kekurangan itulah, Allah dan Rasul-Nya menyeru manusia untuk tidak ragu bertobat. Nabi saw. bersabda, “Semua anak cucu Adam itu banyak melakukan kesalahan. Dan, sebaik-baik orang yang bersalah adalah orang-orang yang bertobat.” (HR Tirmidzi)

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *