Shalat – Tanda Syukur Nikmat


Shalat adalah perwujudan dari rasa syukur seorang hamba kepada Tuhannya. Inilah hakikat shalat yang pertama. Sejatinya, ada berjuta nikmat Allah yang kita terima yang tidak mungkin bagi kita untuk menghitungnya. Tengoklah ke dalam diri. Dalam tubuh kita, terdapat sel darah, jumlahnya mencapai sekira 22 miliar. Sel-sel darah ini mengalir dan memasuki seluruh organ tubuh. Menurut para ilmuwan, setiap detik ada sekira dua juta sel darah yang mati dan Allah menggantinya dengan 2 juta sel darah yang baru setiap detik juga. Jadi, kalau kita menguap lima detik, ada 10 juta sel darah merah yang mati, dan ada 10 juta sel yang baru. Kalau sekarang kita shaum 12 jam sehari, kemudian kita kalikan 60 menit, kali 60 detik, kali 2 juta.

Shalat Tanda Syukur Nikmat

Dalam tubuh kita pun terdapat ginjal. Sel darah yang sudah dipakai akan masuk ke dalam ginjal untuk kemudian dicuci sehingga menjadi bersih kembali. Kalau ginjalnya rusak, kita wajib melakukan cuci darah, seminggu sekali, 600 ribu rupiah, setahun 2,6 juta, prosesnya berlangsung 5 jam, diambil dari kiri, masuk mesin, setelah bersih lalu dikeluarkan dari kanan, mesin cucinya sebesar mimbar, sedangkan ginjal kita sebesar jengkol. Apa jadinya jika ginjal kita sebesar mesin pencuci ginjal buatan manusia? Karena itu, sangat naif apabila kita enggan menunaikan shalat lima kali sehari semalam, padahal pergantian darah terjadi setiap detik!

Itu baru nikmat ginjal, belum nikmat-nikmat lainnya. Ada nikmat jantung, otak, paru-paru, mata, telinga, dan organ-organ tubuh lainnya yang Allah desain agar kita bisa hidup secara normal.

Mari tengok jantung kita. Menurut Doc Childre & Howard Martin dalam bukunya, The Heart Math Solution (1999), tidak kurang dari 70 kali jantung kita berdenyut setiap menitnya. Berarti, dalam satu hari, berdenyut lebih kurang 100.000 kali; 40 juta kali dalam satu tahun. Orang yang mencapai usia 75 tahun, jantungnya telah berdenyut sebanyak tiga miliar kali tanpa berhenti sama sekali. Ia memompa darah yang disalurkan ke seluruh bagian tubuh melalui jaringan urat-urat darah, baik dari yang terlihat maupun tidak terlihat oleh manusia. Semua itu, jika disambung-sambungkan panjangnya, bisa mencapai 90.000 km! Subhanallâh. Jantung berdenyut memompa darah sebanyak dua galon per menit atau lebih dari 100 galon per jam (sekira 450 liter per jam; 1 galon = 4.546 cc) atau sekira 2.400 galon (> 10.000 liter) per hari atau sekitar 6 juta liter per tahun. Dalam jangka waktu 75 tahun, terpompa 270 juta liter darah; mondar-mandir dalam tubuh kita.

Tengok pula organ pernapasan kita, paru-paru yang superajaib. Saat kita bernapas, udara memasuki tubuh melalui hidung dan mulut. Pada keduanya, udara disaring, kemudian masuk melalui pipa udara (trakhea) menuju paru-paru. Menurut penelitian, paru-paru kita mengandung 2.400 km saluran udara. Ada paru-paru kiri dan ada paru-paru kanan. Setiap paru-paru memiliki total luas permukaan 180 meter persegi! Saat menarik napas itu pula, oksigen akan membanjiri sekira 300 juta ruang kecil (alveolus) di dalam paru-paru. Allah merancang ruang sebanyak itu dengan cara “melipatnya” agar tidak mengambil banyak tempat dalam rongga dada. Seandainya tidak dilipat, areal seluas lapangan tenis dapat ditutupinya. Ia juga dirancang demikian kecil dan sempurna untuk meningkatkan laju pertukaran oksigen dan karbondioksida.

Pembuluh darah kapiler menyerap oksigen dalam sekejap dan membawanya ke jantung, lalu diteruskan ke seluruh bagian tubuh. Sel tubuh menggunakan oksigen itu dan melepaskan karbondioksida, lalu membawanya ke paru-paru tempat zat itu dikeluarkan. Semuanya terjadi dalam waktu yang sangat singkat. Kita hanya membutuhkan kurang dari satu detik untuk melakukannya.

Dalam satu menit, paru-paru kita menghirup sekira 6 liter udara. Paru-paru orang dewasa dapat menyimpan sekira 3 liter udara. Karena itu, jangan heran, setelah setengah menit, kita akan merasakan kebutuhan yang sangat terhadap udara.

Maka, nikmat Tuhan yang manakah yang kita dustakan? Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *