Shalat Khusyuk, Obat Stres


Shalat Khusyuk, Obat Stres – Stres bisa muncul kapan pun, dengan level yang beragam dan disebabkan banyak hal. Misalnya, gagal menjadi anggota dewan, padahal uang yang dikeluarkan cukup banyak; terpuruknya usaha, yang menyebabkan terlilit utang; atau bagi pelajar, stres muncul karena tidak berhasil dalam Ujian Nasional. Kondisi tersebut di luar pengharapan dan bisa berakibat buruk bagi kesehatan mental, jika tidak disikapi dengan bijak oleh orang yang mengalami.

Shalat Khusyuk, Obat Stres

Bagi seorang muslim, cara terbaik menghadapi setiap cobaan yang datang adalah bersikap sabar. Dengan cara tersebut, akan selalu tertanam dalam diri kita bahwa cobaan tersebut semata-mata datang dari Allah Swt.

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS Al Baqarah, 2: 155)

“Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS Al Baqarah, 2: 153)

Selain sabar, yang dapat menjadi penolong bagi seorang muslim dalam menghadapi cobaan adalah shalat dengan khusyuk.

“Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” (QS Al Baqarah, 2: 45)

Banyak manfaat yang diperoleh dengan melaksanakan shalat secara khusyuk, antara lain membuat lebih dekat dengan Allah, hati dan pikiran lebih tenang serta memiliki kekuatan untuk menjauhi perbuatan keji dan munkar. Shalat pun dapat menjadi penolong bagi setiap muslim untuk mendapatkan keringanan hisab, selamat ketika meniti shirat dan dimasukkan ke dalam surga dengan penuh kedamaian.

Bagaimanakah supaya kita bisa shalat dengan khusyuk? Berikut panduan yang disampaikan dalam Miracle Hijaz the Practice, hal. 800:

1. Pastikan agar shalat yang kita lakukan, tata caranya sudah sesuai seperti yang dicontohkan Rasulullah saw. “Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat (HR Ibnu Hibban)
2. Lakukan shalat dengan landasan niat yang tulus ikhlas karena Allah semata (QS Al Bayyunah, 98:5)
3. Ketika akan shalat, jauhkan segala keterikatan jiwa dan pikiran dari urusan dunia, fokuskan pikiran pada ibadan dan upaya untuk lebih mendekat kepada Allah Swt (QS Al Ankabuut, 29: 64)
4. Berusaha memahami dan mentadaburi setiap bacaan yang diucapkan dalam shalat
5. Merasakan dan meyakini bahwa allah swt melihat dan mengawasi shalat yang kita lakukan
6. Menghadirkan rasa pengagungan kepada allah dalam hati
7. Menjadikan shalat yang dilakukan seakan-akan shalat terakhir, karena boleh jadi, setelah itu tiada ada shalat lagi yang dapat kita lakukan karena ajal telah menjemput (QS An Nisaa, 4:78).

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *