Sabar, Cara Terbaik Menghadapi Ujian Hidup


Sifat sabar sangat penting dimiliki manusia, sebab manusia dilahirkan ke dunia untuk diuji kualitas jiwa dan dirinya. Sabar adalah cara terbaik untuk menghadapi beraneka macam ujian hidup. Karena sangat pentingnya kesabaran, Allah Swt pun menyebutkan sifat sabar tidak kurang dari sembilan puluh ayat dalam Al Quran.

Aneka keutamaan pun Allah Swt sematkan kepada orang-orang yang sabar. Di dalam Al Quran, Allah Swt memberi seseorang pahala dua kali lipat atas kesabarannya dalam menghadapi ujian hidup. “Mereka itu diberi pahala dua kali lipat disebabkan kesabaran mereka…” (QS Al Qashash, 28:54).

Allah Swt menentukan setiap kadar pahala setiap ibadah, kecuali pahala sabar. Sebagaimana puasa, pahalanya Allah Swt sendiri yang menentukan, sebab puasa adalah separuh dari kesabaran. “…Dan bersabarlah, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS Al Anfaal, 8: 46)

Orang yang mendapatkan ujian dari Allah, kemudian dia bersabar dalam menghadapi ujian tersebut, kesabaran yang dia miliki akan menjadi jalan baginya untuk meraih kemenangan dan kemuliaan. Contoh terbaik dalam hal ini adalah kesabaran Nabi Yusuf as. Aneka ujian menghampiri dirinya. Akan tetapi, Nabi Yusuf tetap sabar dalam menghadapinya, sampai ia menjadi orang yang mulia di negeri Mesir. Kemuliaan yang diperoleh Nabi Yusuf adalah buah dari kesabarannya dalam menghadapi ujian hidup.
Sabar, Cara Terbaik Menghadapi Ujian Hidup

Sabar, Cara Terbaik Menghadapi Ujian Hidup

Sahabat Syaamil, bila Anda seorang profesional, baik sebagai karyawan maupun pebisnis, tentunya pernah juga mendapatkan ujian hidup terkait profesi Anda. Entah itu menurunnya usaha, mengalami kerugian, atau terkena perampingan karyawan, Anda tentu sudah faham bahwa cara terbaik untuk menghadapi itu semua adalah berupaya sabar dan tetapi tawakal kepada Allah. Meyakini bahwa apa yang menimpa Anda hanya bersifat sementara. Ingatlah bahwa Allah tidak akan menimpakan suatu cobaan diluar batas kemampuan manusia. Allah juga dengan tegas menyatakan bahwa setelah kesulitan, pasti ada kemudahan. (QS Alam Nasyrah, 94: 5-6).

Bersabar, berdoa dan selalu berusaha untuk bangkit lagi dengan semangat dan tetap optimis, merupakan cara terbaik menghadapi ujian hidup, daripada menggerutu dan berburuk sangka kepada orang lain atau kepada Allah. Jalan keluar bisa kita temukan, jika mau berusaha. Karena Allah tidak akan mengubah nasib seseorang atau suatu kaum sampai mereka mengubahnya sendiri. (lihat QS Ar Ra’d, 13: 11)

Sahabat Syaamil, berikut ini adalah tips menghadapi ujian berat yang terdapat dalam Miracle Hijaz the Practice, hal. 96:

1. Meyakini bahwa setiap ujian merupakan ketentuan Allah Swt sekaligus cerminan kasih sayang-Nya kepada orang-orang beriman. Dengan demikian, seorang muslim dituntut untuk menerianya dengan lapang dada
2. Besarnya pahala ditentukan oleh besarnya ujian yang diterima. Nabi saw. bersabda, “Barangsiapa ridha (menerima ujian tersebut), niscaya dia akan mendapatkan ridha-Nya, dan barangsiapa yang membencinya, niscaya dia akan mendapatkan murka-Nya.” (HR At Tirmidzi)
3. Melihat orang yang lebih tidak beruntung dan yang lebih berat ujian yang dihadapinya
4. Meneladani orang-orang yang bersabar dalam ujian dan semakin kuat keimanannya seperti para nabi dan rasul, para sahabat dan para ulama yang saleh
5. Berserah diri kepada Allah Azza wa Jalla.
6. Meminta saran dan pendapat dari orang yang berilmu, memiliki wawasan yang luas, pengalaman yang memadai dan dapat dipercaya sehingga dapat meringankan beban ujian yang dihadapi.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *