Muzdalifah – Bermalam setelah Arafah


Muzdalifah diambil dari kata izdilaf yang artinya perkumpulan. Dalam Al Quran disebutkan, “Di sanalah Kami dekatkan dolongan yang lain.” Ada pula yang mengatakan izdilaf yaitu mendekat, karena merupakan tempat mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Pendapat lain menyebutkan, bahwa ketika Adam dan Hawa turun ke bumi. Adam tidak mendekat kepada Hawa, melainkan Hawa lah yang mendekati Adam sehingga mereka bertemu di arafah.

Kemudian mereka berkumpul di Muzdalifah, sehingga dinamakan Jama’ dan Muzdalifah, yaitu tempat bermalam jamaah haji dan tempat melaksanakan shalat jama’ apabila mereka telah bertolak dari Arafah.

Kawasan muzdalifah ini terletak diantara Ma’zamin (dua jalan yang memisahkan dua gunung yang saling berhadapan) Arafah dan Lembah Muhassir. Ma’zim Arafah diebut pula dengan Madhiq (jalan sempit). Batas Muzdalifah adalah ketika para jama’ah berangkat dari Arafah menuju ke sana, maka kita berada di tempat itu hingga tiba di bukit merah sebelum Muhassir dan Bukit Quzah yang terdapat di sisi tempat berhenti, jaraknya sekitar satu farsakh dari Mina.

Setelah melaksanakan wukuf di Arafah, jamaah haji akan bergerak menuju Muzdalifah pasca terbenamnya matahari. Jamaah haji akan melaksanakan shalat Magrib dan Isya secara jamak qashar.

Bermalam di Muzdalifah hukumnya wajib. Maka siapa saja yang meninggalkannya diharuskan untuk membayar dam. Dianjurkan untuk mengikuti jejak Rasulullah Saw., bermalam hingga memasuki waktu shalat Subuh kemudian berhenti hingga fajar menguning. Namun tidak ada salahnya untuk mendahulukan orang-orang yang lemah yaitu kaum perempuan.

Ketika berada di Muzdalifah juga jamaah haji akan mengumpulkan batu kerikil yang bakal digunakan untuk melempar jumrah.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *