Manfaat Gerak, Mandi dan Minum Air bagi Kesehatan


Salah satu bentuk perilaku yang dicatat dalam Al Qur’an tersirat dalam wahyu kepada Nabi Ayyub a.s.:

“Dan ingatlah akan hamba Kami Ayyub ketika ia menyeru Tuhan-nya, “Sesungguhnya, Aku diganggu setan dengan kepayahan dan siksaan.” (Allah berfirman,) “Hantamkanlah kakimu! Inilah air yang sejuk untuk mandi dan untuk minum.” (Q.S. Shaad, 38: 41-42)

Salah satu perintah yang diberikan kepada Nabi Ayyub a.s. oleh Allah untuk menghadapi kepayahan dan siksaan yang ditimbulkan setan adalah “mengentakkan kaki”. Ungkapan dalam ayat di atas mungkin menunjukkan manfaat gerak atau olahraga.Ketika berolahraga, aliran darah menjadi lebih cepat, terutama dengan bergeraknya otot-otot panjang, seperti yang terdapat pada kaki (gerakan isometrik) dan kadar oksigen yang mencapai sel-sel meningkat. Sebagai hasilnya, kelelahan mereda dan tubuh mendapatkan energi kembali setelah zat-zat racun dikeluarkan dari tubuh.

Pada saat yang sama, tubuh mendapatkan ketahanan lebih kuat terhadap mikroba. Orang yang secara teratur berolahraga memiliki pembuluh nadi yang lebar dan bersih dan karenanya jauh dari risiko penyumbatan yang mengarah pada penyakit jantung.153 Selain itu, berolahraga secara teratur memainkan peran dalam pencegahan diabetes dengan mengatur keseimbangan kadar gula dalam darah. Manfaat olahraga terhadap hati adalah meningkatkan kadar kolesterol baik.Lebih dari itu, berjalan kaki tanpa alas kaki adalah cara efektif untuk melepaskan muatan elektrostatis pada tubuh. Olahraga sama saja dengan menetralkan tubuh dari muatan listrik.

Seperti ditekankan dalam ayat tersebut, mandi juga diketahui sebagai cara untuk menetralkan muatan listrik dalam tubuh. Selain memberikan kebersihan fisik, mandi juga mengurangi stres dan kepenatan. Dengan demikian, mandi memiliki efek penyembuhan terhadap banyak penyakit fisik dan mental, terutama stres dan kepenatan.

Dalam ayat tersebut, selain mandi, dianjurkan juga untuk minum. Pengaruh air yang menguntungkan terhadap seluruh organ tubuh tidak dapat diabaikan. Kesehatan pelbagai organ tubuh seperti kelenjar keringat, perut, usus, ginjal, dan kulit sangat bergantung pada keberadaan air dalam tubuh dengan jumlah yang mencukupi.

Pengobatan organ dari segala penyakit terkait dapat dibantu dengan meminum air dalam jumlah yang dilebihkan. Jawaban terhadap kelelahan dan kepenatan adalah dengan meningkatkan jumlah air dalam tubuh dan dengan demikian membersihkan kotoran-kotoran.

Mematuhi setiap nasihat yang penting bagi kesehatan fisik dan mental kita ini, akan memberikan hasil yang ideal. Setiap nasihat ini adalah perwujudan ayat “Dan Kami turunkan dari Al Qur’an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman…” (Q.S. Al Israa’, 17: 82).

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *