Makan Ala Nabi


Dalam menjaga kesehatan dan supaya terhindari dari penyakit, makanan menjadi faktor utama yang harus diperhatikan. Selain jenis makanannya, cara makan pun sangat perlu diperhatikan.

Islam pun memiliki adab atau tata cara makan seperti yang dicontohkan rasulullah saw, agar kegiatan makan betul-betul optimal menunjang kesehatan dan menghindarkan dampak negatif. Beberapa di antaranya:

Makan Ala Nabi

1. Pastikan makanan yang didapatkan adalah halal dan baik serta tidak mengandung unsur-unsur yang haram

وَكُلُواْ مِمَّا رَزَقَكُمُ اللّهُ حَلاَلاً طَيِّباً وَاتَّقُواْ اللّهَ الَّذِيَ أَنتُم بِهِ مُؤْمِنُونَ

“Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.” (QS: Al Maidah: 88).

Jangan lupa selalu meniatkan makan dan minum untuk menguatkan badan, agar dapat melakukan ibadah, dan hal-hal lain yang berguna agar dapat menjadi insan muttaqin.

2. Kaum Muslim hanya makan sesudah lapar dan berhenti sebelum kenyang

Ini artinya, makanlah secukupnya, jangan berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan akan berakibat tidak baik. Dalam urusan makan, berlebihan dapat mengakibatkan obesitas. Kelebihan berat badan ini jika dibiarkan akan mengundang lebih banyak penyakit. Oleh karena itu, makanlah secukupnya.

3. Mencuci kedua tangan sebelum makan

Sebelum muncul kampanye cuci tangan dengan sabun, yang dilakukan pada masa kini, Islam telah menganjurkanuntuk selalu mencuci kedua tangan sebelum beraktivitas, salah satunya makan.

Hal ini dicontohkan rasulullah, “Apabila Rasululllah sholallahu alaihi wassalam hendak tidur sedangkan Beliau dalam keadaan junub, maka beliau berwudhu terlebih dahulu dan apabila hendak makan, beliau mencuci kedua tangannya terlebih dahulu.” (HR. Ahmad)

Berdasarkan penelitian modern, cuci tangan sebelum atau setelah beraktivitas merupakan langkah awal yang praktis untuk menghindarkan diri terpapar penyakit yang disebabkan kuman dan bakteri. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *