Inilah Rahasia Ayat Kursi


Kita sering dianjurkan untuk membaca ayat Kursi, tapi apakah kita yang sering membacanya tahu mengenai khasiat dan manfaat dahsyat dari ayat kursi itu sendiri? Ayat Kursi sendiri sebenarnya adalah bagian dari surat Al-Baqarah, surat kedua di dalam Al-Qur’an, dan merupakan ayat ke 255 dari surat tersebut.

Ayat Kursi termasuk ayat paling agung, paling utama dan paling mulia. Di dalamnya terkandung perkara-perkara besar dan sifat-sifat Allah Ta’ala Yang Maha Mulia. Pahala membacanya lebih besar daripada membaca ayat-ayat Al-Quran yang lain. Ada banyak hadits yang berisi anjuran untuk membaca ayat Kursi dan menjadikannya sebagai wirid pada waktu pagi dan petang, saat tidur, ataupun setelah melaksanakan shalat wajib. Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa membacanya ketika pagi, akan selamat dari gangguan jin sampai sore. Dan siapa yang membacanya ketika sore, akan selamat dari gangguan jin sampai pagi.” (HR Hakim dengan sanad Jayid)

rahasia ayat kursi

Diantara begitu banyak manfaat ayat kursi dalam kehidupan sehari-hari antara lain seperti: dibukakan dada dengan berbagai hikmat, dimudahkan rezekinya, dinaikan martabatnya, diberikan kepadanya pengaruh sehingga orang selalu segan kepadanya, dipelihara dari segala bencana dengan izin Allah SWT, diselamatkan dari kejahatan manusia dan binatang yang memudharatkan, terpelihara dari gangguan syaitan, serta dihilangkan kedukaan dan diberikan apa yang dituntutnya.

Ayat ini pun mengumpulkan hukum-hukum ilahiyah dan sifat-sifat Allah Ta’ala yang tidak terkumpul ditempat lain. Di lihat dari susunan redaksinya, ayat yang agung ini mengandung 17 kali kata yang menunjuk kepada Allah Ta’ala. Enam belas diantaranya terbaca dengan jelas dan satu tersirat.

Cara yang benar dalam mengamalakan ayat kursi, antara lain :

1. Membaca ayat kursi setelah shalat, di pagi dan sore hari serta sebelum tidur
2. Menggunakan ayat kursi sebagai bacaan rukyah
3. Tidak menggunakan ayat kursi sebagai jimat atau tenung
4. Mentadaburi kandungan ayat kursi yang berisi tauhid rububiyah, ilahiyah dan asma’ wa shifat
5. Menelaah tafsir dan kandungan ayat kursi
6. Meneladani Rasulullah saw, sahabat, para ulama, dan orang-orang yang saleh dalam mengamalkan ayat kursi
7. Tidak menggunakan ayat kursi sebagai alat kesyirikan
8. Senantiasa memohon kepada Allah SWT agar mencurahkan taufik dan hidayah agar tidak sering lupa, lalai, dan malas dalam berdzikir
9. Senantiasa mengingat manfaat zikir, keutamaan zikir, dan ancaman bagi orang yang tidak pernah berdzikir, sehingga senantiasa termotivasi untuk berdzikir
10. Khusyu dan menghadirkan hati dan pikiran dalam memahami makna ayat kursi, kemudian berusaha menjalani maksud dan tujuannya dalam kehidupan sehari-hari

Demikian manfaat serta panduan dalam mengamalkan ayat kursi, semoga kita selalu mendawamkan untuk membaca Al-Quran dan terlebih membaca ayat kursi.
Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *