Inilah Cara Membentuk Keluarga yang Cinta Al-Quran


Banyak kaum muslimin yang hanya menjadikan Al-Qur’an sebagai pajangan di rumah, mulai dari ukuran kecil hingga ukuran yang besar. Ataupun hanya menempelkan sebagian ayat-ayat Al-Qur’an pada dinding-dinding rumah. Ataupun Al-Qur’an hanya dibaca pada saat momentum tertentu, seperti acara walimahan, tabligh akbar dan sebagainya yang diawali dengan tilawah Al-Qur’an. Atau juga hanya dijadikan sarana lomba dalam kebaikan, agar peserta selalu mendekatkan diri dengan Al-Qur’an. Lomba ini sering diadakan dalam bulan Ramadhan.

Dari Abu Hurairah Radhiallahu Anhu, dia berkata; “Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam telah bersabda: “Seorang bayi tidak dilahirkan (ke dunia ini) melainkan ia berada dalam kesucian (fitrah). Kemudian kedua orang tuanyalah yang akan membuatnya menjadi Yahudi, Nasrani, ataupun Majusi….”. (HR. Muslim)

Maka kedua orangtua lah yang membentuk anak menjadi seorang Yahudi, Nashrani atau Majusi. Disinilah peran orangtua khususnya seorang Ayah dalam mendidik anak. Tidak mungkin keluarga menjadi keluarga terbaik dalam mencintai Al-Qur’an jika sebagai orangtua tidak memberikan teladan yang terbaik dan mendidik keluarga sebagai ahlul Quran.

Jadi dalam mendidik anak untuk mencintai Quran, hal ini harus dimulai dari kedua orangtuanya. Orang tua harus mulai menghidupkan motivasi agar dapat menjadi keluarga yang cinta Al-Qur’an. Diantara motivasi untuk mencintai Al-Qur’an yaitu:

1. Agar anak-anak menjadi kokoh Iman dan amal shalihnya. Begitu banyak hal yang dapat merusak aqidah, iman, amal shalih dan akhlak anak-anak di luar rumah.
2. Jika anak kuat dalam hal Al-Qur’an, anak kitalah yang akan merawat kita saat kita sudah tua renta
3. Pewaris orangtua adalah anak-anak. Apa yang sering dilakukan orangtua akan meninggalkan bekas dalam diri anak-anak. Jika orangtua shalih, maka keshalihannya akan berpengaruh terhadap keshalihan anak.
4. Yakinlah bahwa Al-Qur’an akan menjadi syafa’at bagi para pembacanya kelak di hari kiamat.

Demikianlah diantara motivasi bagi para orangtua untuk selalu mengakrabkan diri dan keluarga dengan Al-Qur’an.
Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *