Etika Bisnis Muslim


Etika Bisnis Muslim. Berbisnis merupakan salah satu cara manusia mencari nafkah yang diridhai Allah, dengan syarat dilakukan sesuai syariat Islam dan tidak merugikan pembeli. Nabi Muhammad saw semasa mudanya adalah seorang pedagang sukses yang menerapkan prinsip-prinsip keislaman dalam memasarkan produknya. Rasulullah menjunjung tinggi nilai amanah, kejujuran dan sikap menjaga kehormatan dirinya, sehingga beliau pun diberi gelar Al Amin.

Etika Bisnis Muslim

Dengan kesuksesannya tersebut, pada usia 17 tahun, Rasulullah telah memimpin khalifah dagang hingga keluar negeri dan beliau pun dikenal sebagai pedagang yang jujur dan amanah di negara-negara perdagangan seperti Syam, Yaman, Yordania, Irak dan kota perdagangan lainnya. Rasulullah senantiasa menunjukkan rasa tanggung jawab yang besar dan integritas tinggi dalam berbisnis. Beliau tidak pernah membuat pelanggannya mengeluh. Beliau sering menjaga janjinya dan menyerahkan barang-barang yang dipesan dengan tepat waktu.

Sebagai umatnya, perilaku rasulullah tersebut patut kita teladani dalam menjalankan suatu bisnis, baik yang dilakukan secara online maupun offline. Berikut beberapa etika bisnis secara islami yang bisa dijalankan sesuai yang dicontohkan oleh Rasulullah:

1. Jujur (Shiddiq);

Dalam etika bisnis muslim, seorang pengusaha tidak boleh berbohong, menipu, mengada-adakan fakta, berkhianat, serta ingkar janji. Dalam Al Quran, Allah Swt pun mengingatkan untuk bersikap jujur dalam berdagang.

“…dan sempurnakanlah takaran dan timbangan dengan adil…” (QS Al An’am, 6: 152)

“Dan tegakkanlah keseimbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi keseimbangan itu. “ (QS Ar Rahmaan, 55: 9)

Rasulullah pun mengingatkan pedagang untuk berlaku jujur, seperti dalam hadist berikut:

“Wahai para pedagang, hindarilah kebohongan.” (HR Ath Thabari)

2. Tanggung jawab (amanah)

Artinya mau dan mampu menjaga amanah (kepercayaan) masyarakat dalam berbisnis dengannya.

3. Tidak menipu;

Rasulullah selalu mengingatkan para pedagang untuk tidak mengobral janji atau berpromosi secara berlebihan yang cenderung mengada-ada. Rasulullah bersabda: “Sebaik-baik tempat adalah masjid dan seburuk-buruk tempat adalah pasar.” (HR At Thabari)

4. Menepati janji

Selalu tepati janji kepada pembeli maupun kepada sesama pedagang. Paling penting, ingat selalu kepada Allah, sebagai pemberi rizki yang terbaik. Allah berfirman:

“Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. Dan apabila mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya dan mereka tinggalkan kamu sedang berdiri (berkhutbah). Katakanlah: “Apa yang di sisi Allah adalah lebih baik daripada permainan dan perniagaan”, dan Allah Pemberi rezeki yang terbaik” (QS Al Jumu’ah, 62: 10-11).

5. Murah Hati

Murah hati maksudnya ramah, sopan santun, murah senyum, suka mengalah, tetapi tetap bertanggung jawab. Rasulullah bersabda: “Allah berbelas kasih keapda orang yang murah hati ketia dia menjual, membeli atau ketika menuntut hak” (HR Al Bukhari).

Sebagai tambahan, dari ketersediaan pasar, seorang pedagang yang baik, berusaha menjadi yang terlengkap dalam penyediaan barang dan memberikan kemungkinan ketersediaan barang yang dicari dalam beberapa hari.

Aktif mencari tahu dan menyediakan barang-barang baru yang dibutuhkan pasar. Mampu bersosialisasi secara baik dengan masyarakat dan pedagang di lokasi tempatnya berjualan.

Dalam bisnis apapun, formulasi untuk menjadi yang terbaik dalam pelayanan dan ketersediaan barang merupakan suatu keharusan bagi para pebisnis yang ingin sukses. Asalkan, jangan lupa untuk menerapkan prinsip-prinsip islami dan mengingat selalu Allah dalam setiap bisnis yang dilakukan. Bisa kan? Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *