Doa Sebuah Pengkhidmatan

Setiap doa memiliki syarat-syarat untuk ijabahnya. Salah satu syarat untuk diijabahnya doa adalah melakukan amal-amal yang dicintai oleh Allah Swt. Seorang ahli doa sangat memahami bahwa Allah Swt. akan menolong dan mempermudah urusan seorang hamba yang suka menolong, mempermudah urusan saudaranya, dan senang berbagi. Boleh jadi, inilah salah satu kunci terpenting sekaligus prasyarat terkabulnya doa-doa.

Rasulullah saw. pernah bersabda, “Siapa yang menolong kesusahan seorang Muslim dari kesusahan-kesusahan dunia, pasti Allah akan menolongnya dari kesusahan-kesusahan akhirat. Siapa yang meringankan beban orang yang susah, niscaya Allah akan meringankan bebannya di dunia dan akhirat. Siapa yang menutup aib seorang Muslim, niscaya Allah akan menutup aibnya di dunia dan akhirat. Allah akan senantiasa menolong hamba-Nya selama ia suka menolong saudaranya.” (HR Bukhari).

Artinya, semakin gemar kita menolong orang lain, akan semakin mudah pula doa kita dikabulkan, semakin terbuka pula pintu-pintu pertolongan Allah kepada kita. Sebaliknya, semakin sering kita mempersulit orang lain, mengabaikan dan tidak menghormati hak-haknya, ijabahnya doa akan semakin jauh dari kita.

Seorang ahli doa pun akan senang mendoakan kebaikan bagi orang lain tanpa diketahui oleh orang yang didoakan. Hatinya tulus, bersih, tidak ada kedengkian dan kedendaman. Yang ada dalam dirinya hanyalah keinginan agar orang lain itu mendapat kebaikan sebagaimana dirinya mendapat kebaikan. Dengan banyak mendoakan orang, niscaya doa-doanya akan cepat ijabah. Bukankah ketika seseorang mendoakan kebaikan bagi saudaranya, malaikat pun mendoakan hal yang sama bagi dirinya? Maimun bin Mihran Al Jazari mengatakan, “Barangsiapa yang memintakan ampun untuk orang Mukmin laki-laki dan perempuan pada setiap hari 27 kali, ia termasuk golongan orang-orang yang dikabulkan doanya dan orang yang dikaruniai rezeki yang besar. Ia adalah orang yang memiliki sifat para wali Allah”.

“Kebahagiaan hakiki hanya bisa didapatkan oleh orang yang berakhlak, yaitu akhlak yang diridhai Allah Swt., di antaranya: rukun dengan sesama, senantiasa berbuat baik, dan mudah memaafkan kesalahan orang pada dirinya”

— Abu Hamid Al Ghazali — Dikutip dari buku 114 Kisah Doa Terkabul

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *