Bermalam di Mina


Sebuah lembah di padang pasir yang terletak sekita 5 kilometer sebelah Timur kota Mekkah, Arab Saudi. Ia mendapatkan julukan sebagai kota tenda, karena tempat ini berisi tenda-tenda untuk jutaan jamaah haji seluruh dunia. Lembah tersebut dikenal dengan Mina.

Kota Mina disebut juga dengan nama Muna yang bermakna “pengharapan”. Penamaan ini erat kaitannya dengan kisah nenek moyang manusia yaitu Adam dan Hawa. Karena menurut kisahnya, di daerah Mina ini Nabi Adam memperoleh bisikan yang berisi harapan bahwa dia akan bertemu kembali dengan istrinya Hawa. Pertemuan Adam dan Hawa kemudian baru terjadi di Jabal Rahmah, sebuah bukit kecil di kawasan Padang Arafah.

Tak hanya itu, Mina juga menjelaskan sejarah bahwa dulu di Mina lah Ibrahim melempar jumrah dan menyembelih domba sebagai pengganti Ismail. Di sini juga tempat Rasulullah melempar jumrah dan menyembelih kurban saat pelaksanaan haji wada.

Mina menjadi lokasi peristirahatan bagi jamaah haji sebelum menuju Arafah dan sekembalinya dari sana. Jamaah haji akan mendatangi Mina dan bermalam di tenda-tenda tersebut. Jamaah biasanya bermalam pada 9, 11 dan 12 Dzulhijjah, Namun, pada tanggal 8 Dzulhijjah, jamaah haji sudah berdiam diri di Mina untuk melaksanakan mabit sehari semalam sehingga dapat melaksanakan shalat lima waktu di tempat tersebut.

Setelah shalat subuh pada tanggal 9 Dzulhijjah, jutaan jamaah haji pun beramai-ramai berjalan kaki menuju Padang Arafah untuk melaksanakan wukuf. Selain untuk bermalam, jamaah haji juga wajib melempar jumrah, yaitu jumrah aqabah, wusta, dan ula. Kerikil dan batu bisa dilemparkan di tiga tempat tersebut.

Melalui jumrah, dibuat pilar-pilar putih sebagai perlambang setan yang kemudian akan dilempari dengan kerikil oleh para jamaah haji.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *