Belajar Sedekah dari Lebah


Salah satu makhluk yang keberadaannya disebutkan dalam Al Quran adalah lebah. Banyak kandungan hikmah yang bisa kita pelajari dari lebah.

“Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan.” (QS. An-Nahl [16]: 69)

Lebah pun merupakan contoh terbaik bagi kita dalam menafkahkan harta di jalan Allah. Lebah merupakan pekerja keras yang setiap hari tanpa henti menyerap sari bunga dan mengolah di sarangnya untuk dijadikan madu yang sangat kaya manfaat.

Belajar Sedekah dari Lebah

Hasil kerja kerasnya tersebut ternyata tidak dimanfaatkan sendiri. Lebah bukanlah hewan yang rakus. Pakar kesehatan, dr. Zaidul Akbar mengatakan, dari total madu yang dihasilkannya, mereka hanya mengonsumsi 10 persen! Sisanya (90 persen) di’sedekahkan’ untuk kebutuhan manusia.

Subhanallah. Betapa mereka begitu baik hati untuk menyedekahkan kerja kerasnya lebih besar untuk kebutuhan makhluk lainnya, yaitu manusia.

Adakah dari kita yang mau dan mampu berbagi 90% dari apa yang kita dapatkan? mungkin belum lah kita seperti keikhalasan lebah tapi ternyata salah satu Sahabat Rasulullah berani memberi untuk Allah dan RasulNya dengan memberi seluruh kekayaanya (100%), dialah Abubakar Radiyallahu anhu.

Memang, lebah diciptakan Allah untuk melayani manusia, sehingga kita beranggapaan, wajar jika madu yang dihasilkannya lebih banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia.

Tapi, kita juga harus ingat, bahwa kita diciptakan Allah ke dunia ini, tidak semata untuk diri kita sendiri, juga untuk berbagi dengan sesama yang membutuhkan. Karena ada hak mereka yang harus kita penuhi sebagai jalan menuju keridhaan Allah Swt.

Kalau pun kita tidak bisa menyedekahkan harta sebanyak yang dilakukan lebah, setidaknya, biasakanlah untuk meniru perilaku lebah yang lebih banyak memikirkan dan berbagi kepada orang lain. Bukankah kita tahu, bahwa tidak ada orang yang miskin dengan banyak sedekah. Justru yang terjadi, semakin sering sedekah dan semakin banyak sedekah kita lakukan, semakin besar pula balasan yang Allah berikan kepada kita, dalam bentuk materi maupun immateri. Banyak bersedekah justru menjadi kita semakin bahagia, sehat dan kaya.

Janganlah ragu untuk bersedekah! Percayalah. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *