4 Cara Hidup Sehat ala Rasulullah SAW


Pentingnya kesehatan ditekankan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya, “Bahwa muslim yang kuat jauh lebih baik ketimbang muslim yang lemah.” (HR Bukhari). Ada 4 (empat) faktor utama yang memengaruhi kesehatan secara keseluruhan yang di jelaskan berikut ini.

1. Olahraga

Olahraga meningkatkan kelenturan otot, fleksibilitas, kesehatan tubuh, dan memperkuat kerja jantung serta melawan depresi. Dengan olahraga Anda juga dapat menurunkan kelebihan berat badan. Bahkan menurut para peneliti, hanya dengan melakukan olahraga di ruang terbuka selama 5 menit, kesehatan jiwa dan spiritual meningkat secara signifikan. Bayangkan saja bila Anda melakukan jogging di taman, fisik Anda tidak hanya segar, tetapi rasa penat dalam benak dan rasa moody dalam jiwa Anda hilang. Yang muncul adalal rasa bahagia, pemikiran yang positif, dan syukur akan karunia-Nya berupa udara yang segar maupun tumbuh-tumbuhan maupun kicauan burung dan kupu-kupu yang beterbangan di taman. Olahraga outdoor bisa berupa jogging, jalan kaki, memancing, berkuda, memanah, berenang, bersepeda, dan masih banyak lagi.

2. Kebersihan Tubuh

Untuk menjaga kesehatan, seorang muslim juga dituntut untuk selalu dalam keadaan bersih dan suci. Karena seperti sabda Nabi Muhammad SAW bahwa bersuci adalah sebagian dari iman. Perihal wudhu dan mandi sebagai sarana menciptakan kebersihan dan kesucian juga ditegaskan oleh Allah SWT dalam Surat Al-Ma’idah : 6. “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan ni’mat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.” (QS Al-Maidah : 6)

3. Tidur yang Cukup

Mengapa tidur dibutuhkan? Apa yang membuat tidur bisa sedemikian menyehatkannya? Kita bisa menengok sejenak firman Allah, “Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha.” (QS Al-Furqaan : 47). Dari ayat ini pun Yang Mahakuasa menunjukkan pada manusia untuk menggunakan waktu malam sebagai saat untuk tidur.

4. Diet yang Tepat

Agar tubuh senantiasa sehat, Al-Qur’an telah memberikan petunjuk bagi muslim untuk mengonsumsi yang halal dan sehat serta untuk tidak memakan apapun yang haram dan membahayakan kesehatan. Nyatanya Allah SWT menganjurkan manusia untuk makan makanan alami (wholesome food). Makanan yang sehat adalah yang mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, mineral, vitamin, lemak, protein, dan asam amino. Dan Allah SWT juga melarang mengonsumsi makanan yang haram dan mudharat bagi manusia. Seperti yang difirmankan-Nya, “Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah.” (QS : Al-Baqarah : 172)

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *