Tujuh Keajaiban dalam Al Quran dan Hadist


Selama ini, kita mengenal tujuh keajaiban dunia yang digagas oleh UNESCO. Tapi, tahukah Anda, jika tujuh keajaiban tersebut, dapat kita temui juga dalam Al Quran dan hadist. Berikut ini adalah tujuh keajaiban dunia berdasarkan Al Quran dan hadist yang kami rangkum dari tulisan di majalah Suara Hidayatullah edisi Oktober 2012.

1. Hewan Berbicara di Akhir Zaman

Menjelang kiamat, akan muncul hewan melata yang berbicara kepada manusia. Allah berfirman, “Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat kami.” (QS An Naml [27]: 82).

Berdasar tafsir Ibnu Katsir, kemunculan hewan tersebut disebabkan manusia telah meninggalkan perintah-perintah Allah dan mengganti agama Allah. Hewan tersebut akan berbicara dengan manusia tentang hal itu.

Hewan aneh yang berbicara ini keluar di akhir zaman sebagai tanda datangnya kiamat dalam waktu dekat. Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya tak akan tegak hari kiamat, sehingga kalian akan melihat sebelumnya 10 tanda-tanda kiamat: gempa di Timur, gempa di Barat, gempa di Jazirah Arab, asap, dajjal, hewan bumi, Ya’juj dan Ma’juj, terbitnya matahari dari arah Barat dan api yang keluar dari jurang Aden akan menggiring manusia.” (HR Muslim, Abu Dawud, At Tirmidzi dan Ibnu Majah)

2. Pohon Kurma yang Menangis

Peristiwa ini terjadi pada zaman Rasulullah saw. Ibnu Umar berkata, “Dulu, nabi berkhutbah pada batang kurma. Tatkala telah membuat mimbar, maka beliau berpindah ke mimbar tersebut. Batang kurma itu pun merintih. Maka, Nabi mendatanginya sambil mengelus batang kurma itu (untuk menenangkannya)” (HR Bukhari dan Tirmidzi)

3. Untaian Salam Batu Aneh

Ini terjadi di Makkah ketika satu batu mengucapkan salam kepada Rasulullah saw. Jabir bin Samurah berkata, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya aku mengetahui sebuah batu di Makkah yang mengucapkan salam kepadaku sebelum aku diutus. Sesungguhnya aku mengetahuinya sekarang.” (HR Muslim)

4. Pengaduan Seekor Unta

Abdullah bin Ja’far berkata, “Pada suatu hari Rasulullah shalallahu alaihi wa salam pernah memboncengku di belakang. Kemudian beliau membisikkan tentang seusatu yang tidak akan kuceritakan kepada seseorang diantara manusia. Sesuatu yang paling beliau senangi untuk dijadikan pelindung buan hajatnya adalah gundukan tanah atau kumpulan batang kurma. Lalu beliau masuk ke dalam kebun laki-laki Anshar. Tiba-tiba ada seekor unta. Tatkala Nabi melihatnya, unta itu merintih dan bercucuran air matanya. Lalu Nabi mendatanginya seraya mengusap perutnya sampai ke punuknya dan tulang telinganya. Maka, tenanglah unta itu. Kemudian beliau bertanya, “Siapa pemilik unta ini?”

Lalu datanglah seorang pemuda Anshar seraya berkata, “Unta itu milikku, wahai Rasulullah.”

Maka, Nabi bersabda, “Tidakkah engkau bertakwa kepada Allah dalam binatang ini, yang telah dijadikan sebagai milikmu oleh Allah. Karena ia telah mengadu kepadaku bahwa engkau telah membuatnya letih dan lapar.” (HR Abu Dawud, Ahmad, Abu Ya’la, Al Baihaqi dan Ibnu Asakir).

5. Kesaksian Kambing Panggang

Abu Hurairah berkata, “Rasulullah menerima hadiah dan tak mau makan sedekah. Maka ada seorang wanita Yahudi di Khaibar yang menghadiahkan kepada beliau kambing panggang yang telah diberi racun. Lalu Rasulullah pun memakan sebagian kambing itu dan sahabat juga makan. Maka, Nabi saw. bersabda, “Angkatlah tangan kalian, karena kambing panggang ini mengabarkan kepadaku bahwa dia beracun.” Maka, Nabi saw mengirim (utusan membawa surat) kepada Bisyr bin Al-Bara’ bin Ma’rur Al-Anshariy, “Apa yang mendorongmu melakukan hal itu?”

Wanita itu menjawab, “Jika engkau seorang Nabi, maka, apa yang telah aku lakukan tak akan membahayakan dirimu. Jika engkau adalah seorang raja, maka aku telah melepaskan manusia darimu.”

Kemudian Rasulullah memerintahkan untuk membunuh wanita itu. Maka, ia pun dibunuh.

Nabi saw bersabda, ketika beliau sakit yang menyebabkan kematian beliau, “Senantiasa aku merasakan sakit akibat makanan yang telah aku makan ketika di Khaibar. Inilah saatnya urat nadi leherku putus.” (HR. Abu Dawud)

6. Batu Berbicara

Rasulullah saw. bersabda: “Kalian akan memerangi orang Yahudi sehingga seorang diantara mereka bersembunyi di balik batu. Maka, batu itu berkata, ‘Wahai hamba Allah, inilah si Yahudi di belakangku, maka bunuhlah ia.” (HR. Bukhari dan Muslim)

7. Semut Memberi Komando

Kisah ini dijelaskan dalam Al Quran, “Dan Sulaiman telah mewarisi Daud dan dia berkata: ”Hai manusia, kami telah diberi peringatan tentang suara burung dan kami diberi segala sesuatu. Sesungguhnya (semua) itu benar-benar suatu kurnia yang nyata. Dan dihimpunkan untuk Sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka itu diatur dengan tertib (dalam barisan). Hingga apabila mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut: “Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari”. Maka, dia (Sulaiman) tersenyum kemudian tertawa karena mendengar perkataan semut itu. Dia berdoa: “Ya, Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah Aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.” (QS. An Naml [27]: 16-19).

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *