Tips Menghafal Al-Quran


Menghafal Al Quran merupakan salah satu dari tugas seorang muslim dalam menjaga kemurnian Al Quran. Banyak manfaat yang dirasakan jika menghafal Al Quran, diantaranya adalah ketenangan hati, menambah bacaan surat dalam shalat, bisa mengajarkannya pada orang lain, serta mendapat pahala berlipat ganda dari setiap huruf yang kita baca.

Tips Menghafal Al-Quran

Memang tidak mudah untuk menghafal ayat-ayat Al Quran. Kemampuan setiap individu berbeda. Ada yang dengan mudah bisa menghafal Al Quran, ada juga yang membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa menghafal. Tapi, hal tersebut tentunya tidak menjadi halangan, jika memang ada niat yang kuat untuk menghafal dan ingin menjadikan diri kita sebagai generasi Qurani. Berikut ini adalah tips menghafal Al Quran yang disampaikan oleh ustadzah Maemunah Al Hafidzah berdasarkan pengalamannya dalam menghafal Al Quran dalam tiga tahun:

1. Harus ikhlas, karena bagaimanapun proses menghafal Al Quran itu tidak semudah yang dibayangkan. Ikhlas ini harus disertakan dalam setiap proses pelaksanaannya. Ikhlas dalam tujuannya, ikhlas pula dalam berbagai aktifitas menghafalnya.
2. Awali dengan tahsinul tilawah (memperbaiki bacaan Al Quran). Sebab, kalau bacaan kita belum bagus, menghafal akan berat sekali, karena fokusnya jadi banyak. Misalnya soal tajwid. Baru satu ayat disetor hafalan, ditegur kesalahan tajwidnya, hafalan pun jadi bubar.
3. Jangan jadikan kegiatan menghafal sebagai beban. Kalau jadi beban, proses menghafal pun akan jadi sulit, karena rasanya kepala kita tidak pernah terbuka. Jadikan kegiatan menghafal ini suatu kegiatan yang menyenangkan, yang kita sukai karena kita tahu apa manfaatnya dan berapa banyak kebaikan yang bisa kita dapat.
4. Biasakan menghafal sesuai kemampuan kita. Jangan membandingan dengan orang lain. Mungkin orang lain sehari bisa dua halaman. Kita belum tentu sama, yang penting sesuai kemampuan kita dan tentu saja harus dilatih terus. Biasanya semakin sering menghafal, kemampuan mengafal kita akan semakin meningkat. Mungkin hari ini kita cuma bisa sehalaman, tetapi kalau terus dilatih, rutin, dalam sebulan nanti bisa bertambah. Paling banyak terjadi, sesungguhnya kita belum memanfaatkan keseluruhan potensi kita.
5. Rajin mengulang. Sebelum menambah hafalan, biasakan mengulang hafalan sebelumnya. Untuk menguatkan hafalan, bisa digunakan alat bantu, apakah dengan membaca terjemahan atau bahkan menuliskan ayat yang sedang dihafal.

Bagaimana Sahabat Rumah Kurma Sahara, siap untuk ngaji tiap hari? Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *