Tekad Ibnu Hajar


Sejak kecil, Ibnu Hajar bercita-cita menjadi ilmuwan dan ulama besar. Dia pun mengembara ke berbagai negeri untuk mewujudkan cita-citanya. Ibnu Hajar belajar kepada banyak guru. Dia pun rajin membaca buku.

Bertahun-tahun Ibnu Hajar belajar dengan keras, tetapi ilmu yang dicarinya tidak juga didapat. Ibnu Hajar mulai merasa kecewa dan putus asa. Dia tidak lagi mengejar cita-citanya. Dia berhenti belajar dan memutudkan pulang ke kampung. Guru dan teman-temannya tidak bisa mencegah keinginannya.

Ibnu Hajar menempuh perjalanan panjang menuju kota tempat tinggalnya. Dia sangat kelelahan, terutama ketika hujan turun. Suatu kali, Ibnu Hajar beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan. Dia duduk di bawah sebuah pohon besar. Di bawah pohon, dia melihat batu besar yang bagian tengahnya berlubang.

Ibnu Haar memerhatikan batu besar itu. Dia melihat tetesan air yang terus menerus jatuh tepat di bagian batu yang berlubang. Ibnu Hajar pun berpikir, “Bagaimana mungkin batu besar ini berlubang hanya oleh tetesan air dari pohon itu?

Ibnu Hajar yang cerdas terus berpikir. Batu ini pasti berlubang setelah ditetesi air terus menerus dalam waktu yang sangat lama. Kalau dilihat, umur batu ini sudah sangat tua. Ibnu Hajar pun tersadar. Tetes air yang kecil dapat melubangi batu setelah bertahun-tahun. Begitu juga dengan ilmu. Kita baru berhasil setelah belajar dengan sungguh-sungguh.

Ibnu Hajar segera menyadari kesalahannya. Dia pun membatalkan niat untuk pulang. Ia ertekad untuk terus belajar dan tidak akan kembali sebelum berhasil meraih cita-citanya.

Allah pun mengabulkan cita-citanya. Kerja keras Ibnu Hajar terbayar sudah. Dia berhasil menjadi ulama besar, ahli hadits, fikih dan sejarah yang terkenal di dunia Islam. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086