Rasulullah sebagai Guru Bijak dan Mulia


Guru adalah sosok yang mengajari kita banyak hal. Di rumah, orang tua adalah guru pertama bagi anak-anaknya. Di luar rumah, sosok guru bisa ditemui di tempat-tempat pendidikan resmi. Guru dikenal sebagai sosok yang memberikan pelajaran dan tuntunan bagi murid-muridnya untuk menjalani kehidupan melalui ilmu yang diajarkan dan perilaku yang dicontohkan.

Idealnya, seorang guru bisa berperan banyak terhadap muridnya. Tidak hanya sebagai pembimbing anak muridnya untuk mewujudkan cita-citanya, juga bisa berperan sebagai teladan yang memberikan inspirasi bagi anak muridnya serta menjadi seorang sahabat yang bisa memahami kondisi anak muridnya.

Dalam kondisi saat ini, tidak mudah menemukan figur guru ideal yang bisa membantu orang tua siswa untuk memberikan pengajaran terbaik buat putra putrinya. Bahkan tidak sedikit siswa yang merasa tidak nyaman dengan sistem pengajaran saat ini yang lebih banyak satu arah. Sistem pengajaran yang mengharuskan berada lama di ruangan yang sama tidak jaran membuat belajar jadi membosankan.

Seorang guru ideal tak harus memiliki gelar yang banyak. Guru ideal adalah seorang guru yang bisa memahami kebutuhan siswanya dan bisa membaca potensi mereka sebagai individu yang utuh sehingga membantu mereka meraih cita-citanya.

Contoh guru yang berhasil menjadi pengajar yang luar biasa adalah Rasulullah saw. Keluasan ilmu beliau menjadikan beliau sebagai wise teacher dan great teacher, yang menerapkan pola pengajaran antara lain:

1. Menjadikan Guru seperti Sahabat

Ketika sedang berinteraksi, Rasulullah tidak memposisikan sebagai guru, melainkan sebagai sahabat bagi umatnya, meski tidak harus kehilangan wibawa. Kedekatan dan keakraban seorang sahabat akan menjadikan proses pengajaran penuh kehangatan.

2. Memandang Secara Utuh

Beliau melihat masing-masing sahabatnya sebagai seorang pribadi yang utuh sehingga beliau mengarahkan para sahabatnya menekuni keahlian yang mereka miliki. Sahabat-sahabat beliau bisa berkembang menjadi pribadi yang tangguh dengan keahliannya.

Mush’ab bin Umair ra misalnya. la diberdayakan sebagai diplomat dakwah di Madinah sebagai persiapan sebelum hijrah. la ditunjuk karena pandai berkomunikasi serta berpenampilan menarik. Atau Khalid bin Walid ra karena kelihaiannya menyusun strategi perang hingga dipercaya Rasulullah saw. untuk menjadi panglima mujahidin.

3. Mendengarkan dan Memberi Masukan

Beliau lebih banyak mendengarkan kemudian memberikan masukan sesuai kebutuhan. Beliau senantiasa mengarahkan sahabat-sahabatnya untuk melihat kebutuhan zaman.

Diceritakan ada seorang pemuda yang mengeluh karena kefakiran. Pemuda tersebut berharap Rasulullah saw. memberinya sedekah. Namun Rasulullah saw. malah memberinya sebuah kapak. Dengan itu ia bisa mencari dan menjual kayu bakar sebagai penghasilan. Rasulullah saw. tidak hanya mendengarkan masalah tapi juga memberi solusinya.

4. Menyelaraskan Ilmu, Sikap dan Kondisi

Rasulullah adalah sosok yang menyelaraskan apa yang beliau ajarkan melalui sikap beliau. Dalam sebuah riwayat diceritakan Rasulullah saw. meminta sahabat untuk mempelajari bahasa asing. Waktu itu yang ditunjuk adalah Zaib bin Tsabit ra. Dengan menguasai bahasa suatu kaum, maka kita akan terhindarkan dari kedhaliman atau dibodohi oleh kaum tersebut.

Tentunya masih banyak hal lain yang diajarkan Rasulullah pada kita, yang pada masa sekarang diterapkan dalam berbagai metode pengajaran modern.

Mungkin sekarang guru sehebat dan sebijak beliau akan sulit kita temukan. Namun, tak ada yang sulit di dunia. Ini karena Allah senantiasa memberikan kemudahan dalam tiap masalah jika kita menanamkan pola pikir yang positif (husnudzan) terhadap pertolongan-Nya.

Kita hanya perlu memulainya dari sekarang, karena sesungguhnya kita semua adalah guru bagi orang lain melalui ilmu yang Allah pahamkan kepada kita. Karena itu, jangan pernah ada kata berhenti untuk menuntut dan mengajarkan ilmu. Dengan ilmu yang kita sampaikan dan bermanfaat bagi orang lain akan mendapat kedudukan tinggi di sisi Allah. Kebaikannya akan senantiasa mengikuti walaupun kita telah meninggalkan dunia yang fana ini. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *