Orang yang Bangkrut Menurut Rasulullah


Suatu hari Rasulullah saw. berkumpul dengan para sahabat. Beliau bertanya, “Wahai sahabatku, tahukah kalian, siapa orang yang paling bangkrut?” Ada beragam jawaban yang diungkapkan para sahabat. “Orang bangkrut adalah orang yang tidak memiliki dirham,” kata sebagian. “Orang bangkrut adalah orang yang banyak utang,” kata sebagian yang lain.

Rasulullah saw. kemudian bersabda sebagai berikut.

“Orang yang bangkrut dari kalangan umatku adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan membawa (ganjaran) ibadah shalat, puasa, dan zakat. Namun sayang dia pun datang dengan membawa dosa. Dia telah mencaci orang ini, memfitnah orang itu, memakan harta orang ini, mengalirkan darah orang itu, dan memukul orang yang itu. Akhirnya semua kebaikannya diberikan kepada orang yang ini dan orang yang itu. Jika amal kebajikannya sudah habis sebelum dia bisa membayar (kesalahan)-nya, maka kesalahan orang-orang itu yang akan diambil dan ditimpakan kepadanya. Setelah itu dia dilemparkan ke neraka” (HR Muslim dari Abu Hurairah).

Hadits ini sangat menarik, tidak hanya dari kandungannya tapi juga dari cara penyampaiannya. Rasulullah saw. mengajukan sebuah pertanyaan yang merangsang daya pikir para sahabat. Setelah mereka memutar otak, dan menjawab sesuai kapasitas pengetahuannya, Nabi kemudian memberikan jawabannya.

Melalui hadits ini pula Rasulullah saw. memberitahu para sahabat sebuah definisi baru tentang orang yang bangkrut (mufhlis). Orang bangkrut bukan saja orang yang tidak memiliki harta duniawi saja, atau orang yang banyak utang. Orang yang paling bangkrut adalah orang yang memiliki banyak keburukan dan sedikit amal shalihnya. Jangkauannya tidak lagi sebatas dunia, namun sudah menyentuh akhirat yang notabene bersifat kekal abadi. Jawaban beliau sangat visioner, radikal dan langsung ke intinya.

Sahabat Rumah Kurma Sahara, marilah kita upayakan agar kita tidak tergolong orang bangkrut seperti yang disampaikan Rasulullah saw.
Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *