Makanan yang Disarankan Rasul Bagi Ibu Hamil


Rasulullah saw sangat menekankan pentingnya perhatian terhadap makanan ibu hamil khususnya yang mempengaruhi psikis dan spiritual anak. Untuk itu, Rasulullah merekomendasikan beberapa makanan bergizi bagi ibu hamil, yang dapat mencerdaskan otak bayi yang dikandungnya. Makanan tersebut, yaitu:

Buah Pir

Rasulullah Saw bersabda, “Makanlah buah pir karena buah itu dapat membuat terang penglihatan dan menumbuhkan rasa cinta di hati. Dan berikanlah buah ini kepada ibu yang sedang mengandung karena dapat mempercantik anak kalian.”

Serat yang terkandung dalam buah pir lebih banyak daripada buah apel. Buah pir juga memiliki kandungan folat yang terbukti bisa mencegah cacat pada syaraf bayi.

Buah pir kaya antioksidan, seperti beta-karoten, lutein dan zea-xanthin. Kandungan-kandungan tersebut bersama dengan vitamin A dan C akan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang membahayakan.

Buah pir juga kaya akan kandungan mineral, seperti tembaga, zat besi, kalium, mangan dan magnesium. Selain itu, pir juga kaya mengandung vitamin B kompleks, seperti folat, riboflavin dan piridoksin (vitamin B6).

Buah pir mengandung asam hidroksi sinamat, yang berperan sebagai antioksidan yang dapat membendung pembentukan sel kanker.

Kurma

Buah kurma kaya akan karbohidrat, kalium dan kalsium. Kalium dan kalsium adalah nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil. Kalsium berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin, sedangkan kalium merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk kontraksi otot dan mengatur tekanan darah.

Buah kurma dapat mempermudah persalinan karena mengandung hormono oktosin yang membantu merangsang kontraksi otot-otot rahim. Selain itu, hormon ini juga memacu kontraksi pembuluh darah vena yang ada di sekitar payudara ibu, sehingga memacu kalenjar susu untuk memproduksi ASI.

Selain hormon oktosin, kurma juga mengandung hormon potuchin yang berfungsi mengikat rahim dan otot rahim, sehingga dapat mengurangi pendarahan setelah melahirkan.

Rasulullah SAW bersabda, “Berikanlah buah kurma kepada istri kalian di bulan ke sembilan kehamilannya karena hal itu dapat membuat anak yang ia lahirkan menjadi orang yang berhati lembut dan bersih.”

Selain itu, saat Siti Maryam sedang hamil dan melahirkan pun Allah SWT menurunkan beberapa ayat untuknya yang artinya : “Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu kearahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aku telah bernadzar berpuasa untuk Allah Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini’.” (Q.S. Maryam : 25-26).

Apel

Rasulullah SAW bersabda, ”Makanlah buah safarjal (sejenis apel) dan berilah kepada temanmu sebagai hadiah, karena buah itu dapat mempertajam sinar mata dan menumbuhkan rasa cinta kasih pada hati. Suruhlah wanita hamil memakan buah itu, karena ia akan membuat cantik rupa anak yang akan dilahirkan. (Dalam riwayat lain disebutkan) supaya bagus akhlak anak yang akan dilahirkan.”

Penelitian yang dilakukan di Belanda menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi apel selama masa kehamilan dapat melindungi bayinya dari penyakit asma dan gejala serupa lainnya.

Para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang ibunya mengonsumsi lebih dari empat apel setiap pekan mengalami penurunan risiko ganggguan pernapasan sekitar 37 persen dan penurunan risiko menderita asma 53 persen, dibandingkan dengan para ibu hamil yang tidak mengonsumsi satu atau tidak sebuah pun apel setiap pekannya selama masa kehamilan.

Kelapa

Air kelapa muda mengandung asam lauric, asam yang membantu melawan penyakit. Asam lauric yang terkandung dalam air kelapa sama dengan yang terdapat di air susu ibu dan memiliki karakteristik antijamur, antibakteri dan antivirus sehingga menjaga kesehatan ibu dan bayi dari virus.

Rasulullah saw bersabda : “Berilah makanan istrimu yang sedang hamil buah kelapa, karena ia dapat menjadi sebab anakmu berakhlak baik.”

Delima

Begitu banyak manfaat dari bauh delima. Salah satunya sebagai sumber antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Pediatric Research menemukan bahwa meminum jus buah delima selama kehamilan membantu melindungi otak bayi yang baru lahir setelah kelahiran traumatik.

Buah delima biasa dikonsumsi begitu saja dalam keadaan segar, di buat jus maupun dijadikan campuran salad.

Luban

Luban atau kemenyan Arab merupakan salah satu makanan sunnah Nabi yang menjadi warisan para ulama secara turun temurun.

Luban (Frankincense) merupakan resin beraroma diperoleh dari berbagai jenis pohon hijau atau semak belukar di kawasan negara-negara beriklim panas dan di kawasan Timur Tengah seperti Oman, Yaman dan Somalia. Resin merupakan getah yang mengeras bila terkena angin atau merupakan sebuah sekresi Hydrocarbon dari tanaman.

Rasulullah Saw bersabda, “Berilah luban (kemenyan Arab) kepada istri kalian yang sedang mengandung karena itu dapat mencerdaskan anak yang sedang dikandungnya.”

Imam Ali bin Musa Ridha As berkata, “Berikanlah luban kepada istri kalian yang sedang mengandung. Jika bayi yang dikandungnya itu laki-laki, maka anak tersebut akan menjadi anak yang cerdas, pandai, dan pemberani. Jika bayi yang dikandungnya itu perempuan, maka anak itu akan menjadi cantik paras dan budi pekertinya, serta akan dihormati oleh suaminya.”

Cara memakan luban:

– Rendam luban di dalam air pada waktu malam.

– Esok harinya sebelum sarapan, campurkan luban dengan gula pasir dengan rasio 1:2.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *