Keutamaan Waktu Ashar


Allah Swt. telah membagi waktu dengan keutamaannya masing-masing dan saling terkait. Pagi adalah waktu pembekalan ruhani untuk menjalani siang, melalui berbagai ibadah seperti zikir, shalat subuh berjamaah, shalat dhuha, tilawah Quran dan beraga ibadah lain yang disyariatkan. Pemanfaatan waktu kita di pagi hari merupakan penentu sukses dan tidaknya kita di sepanjang hari itu.

Keutamaan Waktu Ashar

Begitupun dengan sore hari. Ia merupakan sarana untuk menghimpun kekuatan guna menjalani malam yang penuh dengan makar, tipu daya dan juga godaan setan, baik dari golongan jin maupun manusia.

Di dalam rangkaian sore hari itu, terdapat waktu Ashar, yang terletak di ujung sore, saat tenaga, pikir dan jiwa kita berada di ambang batas setelah beraktivitas seharian.

Ashar banyak menyimpan keutamaan. Rasul menyebutkan bahwa waktu Ashar adalah salah satu tiket untuk memasuki surga. Sabda beliau, “Barangsiapa melaksanakan shalat Bardain (Subuh dan Ashar) maka dia akan masuk surga” (HR Bukhari).

Dalam hadits lain disebutkan, “Dari jarir RA, dia berkata : Suatu ketika kami bersama Nabi SAW kemudian pada suatu malam beliau melihat bulan purnama. Beliau bersabda,

“Kalian kelak akan melihat Tuhan sebagaimana kalian melihat bulan purnama ini, tanpa ada sesuatu yang menghalangi penglihatan kalian. Karena itu, jangan sampai kalian lewatkan shalat sebelum matahari terbit (Subuh) dan shalat sebelum matahari terbenam (Ashar).” Kemudian beliau membaca ayat 39 surah Qaf, “Dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya)” (HR Bukhari).

Pentingnya waktu Ashar ini dinyatakan pula oleh Allah Swt, “Peliharalah semua shalat(mu), dan (peliharalah) shalat Wusthaa” (QS. Al Baqarah : 238). Shalat wusthaa, menurut jumhur ulama’ adalah shalat di waktu Ashar.

Sabda Rasulullah, “Mereka (orang kafir) telah menghambat kita dari melakukan shalat Wustha, yaitu shalat Ashar. Mudah-mudahan Allah memenuhi hati dan rumah mereka dengan api.” (HR Muslim)

Hadits tersebut menyiratkan betapa pentingnya shalat Ashar dalam kehidupan seorang muslim. Bahkan, Rasulullah yang terbukti kemurahan dan kemuliaan budi pekertinya pun mendoakan kaum kafir dengan kalimat laknat karena mereka menyebabkan beliau dan para sahabat tertinggal melakukan shalat Ashar ketika perang Khandaq.

Meski demikian, masih banyak dari kita yang melewatkan waktu Ashar. Kesibukan yang belum selesai, seringkali menjadi titik lemah kita untuk diperdaya oleh setan sehingga kita mengabaikan waktu Ashar.

Dalam beberapa riwayat lain Rasulullah menyebutkan tentang konsekuensi negatif bagi siapa saja yang meninggalkan atau melewatkan waktu Ashar dengan sengaja.

Dari Abdullah bin Umar ra., Rasulullah bersabda, “Orang yang kehilangan shalat Ashar bagaikan orang yang kehilangan keluarga dan harta kekayaannya.” (HR Bukhari).

Dalam riwayat lain juga disebutkan, “Dari Buraidah, dia mengatakan Nabi saw pernah bersabda, “Orang yang meninggalkan shalat Ashar hilanglah semua amal baiknya.” (HR Bukhari).

Dari penjelasan tersebut, tidaklah heran jika Rasulullah memerintahkan umatnya untuk mengisi waktu Ashar dengan memperbanyak doa dan dzikir. Keduanya merupakan sarana membentengi kita dari kejahatan setan yang terus menerus berupaya memperdaya manusia. Doa dan zikir juga menjadi amunisi bagi kita untuk tetap bersiaga ketika waktu Ashar, meski saat itu fisik dan pikiran kita berada dalam keadaan malas karena seharian bekerja. Berhasil atau tidaknya kita memanfaatkan waktu Ashar akan berpengaruh dalam kehidupan kita di malam hari.

Seseorang yang berhasil mengisi waktu Ashar dengan munajat kepada Allah, akan dilimpahi keberkahan pada malam harinya. Apalagi jika disambung dengan bangun pada sepertiga malam untuk tahajud, tilawah dan melaksanakan shalat subuh berjamah, lengkaplah sudah keberkahan yang diterimanya sebagai seorang muslim yang unggul, yang bisa memanfaatkan waktu dengan baik untuk kepentingan dunia dan akhiratnya.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *