Keistimewaan Unta


Allah Swt menciptakan setiap makhluknya dengan pertimbangan sangat sempurna, agar mereka bisa bertahan hidup di tempat mereka seharusnya berada. Setiap makhluk diciptakan dengan berbagai kelebihannya untuk saling melengkapi satu sama lain. Salah satu makhluk ciptaan Allah yang luar biasa adalah unta.

Ya, hewan yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Arab ini, diciptakan Allah dengan keistimewaan luar biasa. Kelebihan unta tersebut diantaranya:

– Unta memiliki satu atau dua punuk untuk menyimpan lemak. Satu punuknya mampu menyimpan lemak sampai 36 kg dan ketika dibutuhkan punuk tersebut akan mengeluarkan lemak energi dan air yang dibutuhkan, dan karena itulah unta mampu melakukan perjalanan yang sangat panjang dan berjalan pada jarak 161 km tanpa minum air!
– Memiliki kulit tebal yang bekerja menolak cahaya panas matahari yang keluar dari panas gurun pasir sehingga mampu bertahan pada kondisi gurun yang keras dan berakibat pada terbunuhnya sebagian besar hewan lainnya.
– Dapat berjalan di padang gurun dalam kondisi apapun: berdebu, badai maupun panas menyengat
– Mampu beradaptasi pada suhu sangat panas hingga 70 derajat Celcius pada siang hari dan suhu ekstrim dingin pada malam hari hingga 40 derajat di bawah nol. Karena itu, unta jarang berkeringat
– Unta memiliki ginjal dan usus yang berfungsi efisien menampung air dalam tubuhnya sehingga mampu menahan haus lebih dari satu bulan.
– Jika haus, unta mampu meminum air sebanyak 135 liter dalam waktu 13 menit!
– Unta dapat minum air segar dan air garam!
– Menurut para ilmuwan, hidung unta dirancang dengan bentuk khusus untuk terus bekerja menjaga uap air pada saat bernapas, sehingga sedikit sekali kehilangan air
– Leher dan kaki yang panjang kaki berfungsi menjaga tubuhnya dari pasir dan panas,
– Unta memiliki bibir dan mulut besar, bergerigi padat dan kuat sehingga ia bisa mengkonsumsi tanaman gurun yang berduri dan kering
– Kaki-kaki yang besar dan tebal serta cross-sectional membuatnya tidak mudah terperosok ke padang pasir meskipun badannya berat dan membawa beban yang sangat berat.
– Unta memiliki alis berderet dan panjang, pada setiap matanya, memiliki telinga yang panjang, serta hidung yang menutup rapat sehingga tidak pernah merasakan akibat pasir gurun.

Inilah keistimewaan unta yang mengajak kita untuk merenungkan firman Allah:

“Maka Apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan, dan langit, bagaimana ia ditinggikan? dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan? dan bumi bagaimana ia dihamparkan? Maka berilah peringatan, karena sesungguhnya kamu hanyalah orang yang memberi peringatan”. (Al-Ghaasyiyah:17-21)

Masih banyak ciptaan Allah lainnya yang memiliki keistimewaan, termasuk kita, manusia. Keistimewaan-keistimewaan itu bisa kita temukan di Al Quran. Caranya tiada lain dengan membacanya. Karena itu, Sahabat Syaamil, mari jadikan Al Quran sebagai jendela untuk membuka cakrawala kita mengenai segala keistimewaan ciptaan Allah Swt.

Jadikan Al Quran sebagai bacaan, bukan pajangan. Ayo, ngaji tiap hari! Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *