Islam Itu Indah


Islam adalah Agama yang sempurna (QS Al Maidah: 3) dan tertinggi (Hadits Nabi), Agama penyerah diri semata-mata kepada Allah (QS An Nisa: 125), Agama semua nabi-nabi (QS Al Baqarah: 136).

Islam membawa ajaran dasar tauhid, akhlak,dan ajaran yang berhubungan dengan aspek jiwa,akal,materi dan sosial.

Islam adalah agama yang sesuai dengan kefitrahan manusia. Fitrah manusia adalah pada Al-Khair (jalan kebaikan). Dan, Al-Khair itu adalah Al-Islam.

Islam memberikan pada manusia aturan-aturan hukum yang luhur dan tegu serta moralita yang berdasar pada pengetahuan yang luar tentang alam insani. Islam memberikan sumber ketentraman jiwa bagi manusia-manusia di dunia yang dalam perjuangan hidup.

Dan semua perkara dalam islam itu baik seperti hadist nabi berikut ;

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : sungguh menakjubkan segala perkara orang yang beriman, dan semua itu baik baginya dan hal itu tidak dimiliki oleh selain orang yang beriman : yaitu jika ia mendapatkan kebaikan atau kesenangan maka dia akan bersyukur dan yang sedemikian itu baik baginya, dan jika ia terkena hal yang tidak menyenangkan (mara bahaya) maka dia bersabar dan hal yang sedemikian itu baik baginya. (H.R. Muslim).

Dalam hal ini Islam mengajarkan seluruh aspek kehidupan mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali. Secara umum sistem Islam mengatur setidaknya tiga hal. Pertama, hukum-hukum yang berkenaan dengan individu dan Al Khaliq, yakni Allah SWT (hablum minallah) seperti ibadah yang meliputi shalat, puasa, zakat,haji dan jihad. Kedua, mengatur hubungan satu individu dengan dirinya sendiri (hablum minanafsi)seperti hukum berpakain, makan,minum, dan termasuk diantaranya akhlak. Ketiga, mengatur hubungan individu dengan individu yang lainnya dalam masyarakat (hablum minannasi) seperti urusan niaga, pendidikan, sosial, politik,dan hukum lainnya.

Dari sinilah islam menjadi agama yang diridhoi Allah ”…..Pada hari ini, telah Aku sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Aku cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Aku ridhoi Islam itu menjadi agama bagimu…” (Q.S. al-Maidah :3)

Agama islam ialah agama yang mampu menggoncangkan dunia mulai dari barat hingga ketimur, dengan sejarah kesatria-kesatria islam yang tangguh, ulama dan ilmuan islam pula banyak memberiakan kontrisbusi besar dalam sejarah perkembangan peradaban manusia,”Betapa Indahnya Islam”.

Namun berapa banyak orang yang mengabaikan nilai islam dalam dirinya, tidak mengimplementasikan Islam pada dirinya secara utuh. Maka dari itu islam mempunyai dua pendoman Al-haq yang harus dipegang bagi setiap pemeluknya. Bukan tidak mungkin jika kedua pedoman ini diaplikasikan menjadi pancaran keindahan bagi yang mengamalkanya.

Abu Malik Al-Harits bin ‘Ashim Al-Asy’ari RA berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, “Kesucian itu sebagian dari iman, dan kalimat Alhamdulillah memenuhi timbangan. Kalimat subhanallah dan alhamdulillah memenuhi ruang yang ada di antara langit dan bumi. Shalat itu cahaya, sedekah itu bukti, sabar itu cerminan, Al-Quran itu hujjah yang akan membela atau menuntutmu. Setiap manusia bekerja. Ada yang menjual dirinya, ada yang membebaskan dirinya, dan ada pula yang menghancurkan dirinya.” (HR. Muslim)

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *