Hati yang Sehat


Hati yang sehat adalah hati yang membawa pemiliknya menghadap Allah Swt. dengan selamat pada hari kiamat. Allah Swt. berfirman,

“Pada hari kiamat, harta dan anak-anak tidak bermanfaat kecuali orang yang datang menghadap Allah dengan hati yang sehat (selamat)”. (QS. Asy Syu’ara: 88-89).

Hati yang sehat adalah hati yang memiliki sifat sebagai berikut:

1. Hati yang tidak disertai syirik karena keimanannya menyeluruh
2. Hati yang dipenuhi sifat-sifat yang baik, seperti sabar, syukur dan tawakal kepada Allah Swt..
3. Hati yang bersih dari penyakit hati, seperti sombong, ria, dan ujub (bangga pada diri sendiri)

Orang yang hatinya sehat akan senantiasa ingat kepada Allah Swt. sehingga hidupnya menjadi tenang Dia rela dengan segala ketentuan Allah Swt. Dia merasa cukup dengan segala pemberian Allah Swt.. Dia beramal saleh semata-mata mencari keridhaan Allah Swt., sehingga segala pemberian Allah Swt. menjadi kebaikan baginya.

Rasulullah saw. bersabda, “Kekayaan sejati adalah kekayaan jiwa (hati)”. Kekayaan jiwa adalah hati yang sehat. Orang yang sehat hatinya akan selalu menyikapi masalah dengan pikiran positif. Apabila mendapatkan kebaikan di dunia, dia akan bersyukur dan jika mendapat musibah, dia akan bersabar.

Rasulullah saw. bersabda, “Sungguh menakjubkan sikap seorang mukmin itu. Segala keadaan dianggap baik dan hal ini tidak akan terjadi kecuali bagi seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangan, ia bersyukur. Maka, itu lebih baik baginya. Apabila ditimpa penderitaan, ia bersabar. Maka, itu lebih baik baginya” .(HR Muslim)

Keterangan ini menggambarkan jika hati kita sehat, musibah apapun yang menimpa akan menjadi kebaikan. Terlebih jika kita diberi hal yang menyenangkan.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *