Fisioterapi Wudhu


Setiap perintah Allah SWT tentu memiliki hikmah kebaikan dibaliknya. Salah satunya perintah berwudhu sebelum sholat. Meskipun kegiatan sederhana, namun berwudhu memiliki dampak sangat besar teradap kesehatan, baik secara psikologis dan fisiologis. Ahli syaraf neurologist telah membuktikan, air wudhu yang mendinginkan ujung-ujung syaraf jari-jari tangan dan jari-jari kaki berguna untuk memantapkan konsentrasi pikiran.

Seorang psikiater sekaligus neurolog berkebangsaan Austria, Prof. Leopold Werner von Ehrenfels, menemukan sesuatu yang menakjubkan dalam berwudhu, karena mampu merangsang pusat syaraf dalam tubuh manusia sehingga kondisi tubuh manusia senantiasa sehat. Berkat temuannya tersebut, Prof Leopold menjadi mualaf dan mengganti namanya menjadi Baron Omar Rolf Ehrenfels.

Berwudhu memiliki korelasi sangat dekat dengan akupuntur. Titik-titik sensitif yang sering diterapi dalam ilmu akupunktur memiliki benang merah dengan berwudhu. Misalnya, mata, hidung, telinga, mulut & seluruh kulit tubuh – tersapu air wudhu.

Pada anggota badan yang terkena perlakuan wudhu terdapat ratusan titik akupunktur yang bersifat reseptor terhadap stimulus berupa basuhan, gosokan, usapan, dan tekanan/urutan ketika melakukan wudhu. Stimulus tersebut akan dihantarkan melalui meridian ke sel, jaringan, organ dan sistim organ yang bersifat terapi. Hal ini terjadi karena adanya sistem regulasi yaitu sistem syaraf dan hormon bekerja untuk mengadakan homeostasis (keseimbangan).

Ternyata terdapat 493 titik reseptor pada anggota wudhu, seperti yang diterapkan dalam akupunktur. Titik-titik tersebut meliputi: wajah 84 titik, tangan 95 titik, kepala 64 titik, telinga 125 titik, kaki 125 titik. Titik-titik tersebut akan tersapu dengan benar, jika melakukan wudhu dengan benar.

Ternyata ada fakta menarik yang tidak boleh luput, satu diantaranya adalah ketika melakukan takhlil, diantara sela-sela jari tangan dan kaki terdapat masing-masing satu titik istimewa (Ba Sie pada sela-sela jari tangan & Ba Peng pada sela-sela jari kaki). Jadi, keseluruhannya terdapat 16 titik akupunktur. Berdasarkan riset fakar akupunktur, titik-titik tersebut apabila dirangsang dapat menstimulir bio energi (Chi) guna membangun homeostasis sehingga menghasilkan efek terapi yang memiliki multi indikasi, seperti untuk mengobati migren, sakit gigi, tangan-lengan merah, bengkak, dan jari jemari kaku.

Kemudian pada daun telinga, terdapat banyak sekali titik reseptor syaraf. Makanya, saat menyapu telinga itu jangan cuma membasuh, tapi harus dengan pijatan juga. Ini namanya aurikulopressure alias pijat akupunktur telinga. Masih banyak kandungan rahasia dalam wudhu yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan kita yang melakukannya dengan benar.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *