Cara Rasulullah Mengingatkan Istrinya


Suatu hari, Rasulullah saw pulang dari perjalanan jihad fisabilillah, diiringi para sahabatnya. Di depan pintu gerbang Kota Madinah, istri rasul, Aisyah r.a sudah menunggu dengan penuh rindu.

Akhirnya Rasulullah saw tiba juga ditengah kota Madinah. Aisyah r.a dengan sukacita menyambut kedatangan suami tercinta. Setibanya di rumah, Rasulullah pun beristirahat melepas lelah. Aisyah pun sibuk di dapur menyiapkan minuman untuk sang suami. Lalu, minuman itupun disuguhkan kepada Rasulullah saw. Beliau meminumnya perlahan hingga hampir menghabiskan minuman tersebut.

Tiba tiba Aisyah berkata “ Yaa Rasulullah, biasanya engkau memberikan sebagian minuman kepadaku. Tapi, kenapa hari ini tidak kau berikan gelas itu?”.

Rasulullah saw diam dan hendak melanjutkan meminum habis air di gelas itu. Aisyah pun bertanya lagi, ”Yaa Rasulullah biasanya engkau memberikan sebagian minuman kepadaku tapi kenapa hari ini tidak kau berikan gelas itu?”

Akhirnya, Rasulullah saw memberikan sebagian air yang tersisa di gelas itu. Aisyah r.a meminum air itu dan ia langsung kaget, terus memuntahkan air itu.

Ternyata air itu terasa asin bukan manis. Aisyah baru tersadar bahwa minuman yang ia buat, dicampur dengan garam bukan gula. Kemudian Aisyah r.a langsung meminta maaf kepada Rasulullah.

Itulah sebagian dari banyaknya kemuliaan akhlak Rasulullah saw. Beliau memaklumi kesalahan yang diperbuat istrinya. Beliau tidak memarahinya atau menasihatinya dengan kasar. Rasulullah saw memberi teladan bahwa akhlak yang mulia bisa kita mulai dari lingkungan terdekat kita.

Sebuah hadits menyebutkan, “Orang yang imannya paling sempurna diantara kaum mukminin adalah orang yang paling bagus akhlaknya di antara mereka, dan sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istri-istrinya”. (HR At-Thirmidzi no 1162 dari hadits Abu Hurairah dan Ibnu Majah no 1987 dari hadits Abdullah bin ‘Amr, dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani (lihat As-Shahihah no 284)). Semoga kita diberi taufik untuk bisa meneladani akhlak Rasulullah saw.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *