Bicaralah yang Baik atau Diam


Mulutmu harimaumu. Sahabat Rumah Kurma Sahara tentu pernah mendengar ungkapan seperti itu. Kita bisa mengartikan bahwa ucapan tersebut mengingatkan kita untuk berhati-hati dalam berbicara. Karena ucapan yang kita keluarkan bisa membuat lawan bicara atau orang yang mendengarnya tersinggung. Apalagi, setiap kata yang terucap dari mulut kita tidak bisa ditarik kembali. Banyak pasangan suami istri yang bertengkar karena ucapan yang tidak patut; dua sahabat yang bermusuhan karena kata-kata; bahkan suatu peperangan bisa terjadi karena kata-kata tidak patut yang terucap.

Lidah memang tidak bertulang. Tetapi, jika ucapan yang keluar darinya bukan merupakan ucapan yang baik, maka, dampaknya akan sangat tidak baik, untuk orang lain, maupun diri sendiri.

Dalam surat Al Baqarah ayat 83, Allah mengingatkan:

“…Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat baiklah kepada ibu bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling.”

Dalam ayat lainnya, Allah menyerukan:

“Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kalian kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar.” (Al-Ahzab: 70)

Rasulullah bersabda, “Sungguh seorang hamba berbicara dengan satu kalimat yang dibenci oleh Allah yang dia tidak merenungi (akibatnya), maka dia terjatuh dalam neraka Jahanam.” (HR. Bukhari)

Karena itu, Rasulullah mengingatkan kita untuk berhati-hati dalam berbicara. “Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia berkata yang baik atau diam (HR Muslim).

Harus kita sadari bahwa setiap ucapan dan tingkah laku kita akan menjadi catatan amal yang akan diperlihatkan oleh Allah pada saatnya nanti. Jangan pernah menganggap sepele ucapan yang kita lontarkan, karena bukan tidak mungkin kata-kata yang kita ucapkan bisa menjerumuskan kita ke dasar neraka, na’udzubillah.

Sahabat Rumah Kurma Sahara, berdasarkan peringatan Allah Swt dan Rasulullah tersebut, mari kita menetapkan hati untuk menjaga lisan dari ucapan-ucapan tidak layak dan tidak bermanfaat seperti berbohong, mengolok-olok teman, bergunjing, menyebarkan berita bohong, menuduh tanpa bukti yang jelas, bahkan mempermainkan ayat-ayat Al Quran dan menganggap hal itu sebagai suatu kebiasaan. Ucapkanlah kata-kata yang baik dan dapat bermanfaat bagi orang lain. Apabila sulit melakukannya, diam adalah pilihan paling tepat.  Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *