Pohon Kurma, Pohon Kehidupan

Tahukah anda bahwa masyarakat Arab mempercayai kurma sebagai ‘nakhla’ yang artinya Pohon Kehidupan. Hal itu tidak berlebihan, karena seluruh bagian kurma dapat dimanfaatkan. Mulai dari buahnya kaya akan nutrisi, pucuknya dapat dimakan, dikeringkan atau digiling menjadi tepung, nira atau getahnya bisa dibuat minuman, sabutnya ditenun, biji kurma bisa diolah menjadi kopi atau menjadi pakan ternak unta atau keledai. Belum lagi pemanfaatan kurma untuk pengobatan dan kecantikan. Hingga kini ada 800 kegunaan yang dapat kita gali dari keseluruhan bagian pohon kurma. Hanya pohon kurma yang pemanfaatannya bisa sebanyak itu. Subhanallah.

Kurma merupakan salah satu buah ajaib di dunia. Hal ini tidak perlu diragukan lagi, terlebih menurut para ahli buah kurma disebut dalam Al Qur’an berulang ulang sebanyak 26 kali. Oleh karena itu pasti ada hikmah yang besar terdapat dalam buah kurma yang dapat kita gali. Sejumlah penelitian pun dilakukan terhadap buah kurma. Hasilnya pun mencengangkan, salah satunya penelitian terhadap 7 butir kurma dan segelas susu. Para ahli melihat bahwa campuran ini membawa seberkas cahaya biru ke otak dan mendapati bahwa cahaya ini meningkatkan kepandaian otak dan mereka juga mendapati bahwa sisa campuran itu akan masuk ke daerah antara kulit dan otot dimana racun biasanya keluar dari liver. Subhanallah.
Rosulullah S.A.W mengajarkan kita umat Islam untuk berbuka puasa dengan 3 butir kurma. Dan setelah dipelajari dari sisi medis dan kesehatan, hadis yang menganjurkan berbuka puasa dengan 3 butir kurma mengisyaratkan bahwa kurma jika dikonsumsi saat berbuka puasa/dalam keadaan perut kosong, akan menyelapkan rasa lapar dan memulihkan kesegaran tubuh dengan cepat.
Ilmu nutrisi menganjurkan kepada para pendaki gunung untuk menjadikan kurma sebagai bekal makanan yang mudah dikonsumsi, penahan lapar dan menjaga stamina. Konon, saking berharganya kurma ini sebagai bekal makanan, pada waktu Perang Teluk tahun 1991, tentara Iraq yang menyerahkan diri kepada Amerika Serikat, memanjat keluar dari bunker dan menawarkan kurma untuk diganti dengan air.
Kurma disebut juga sebagai roti padang pasir karena sifatnya yang mengenyangkan perut, menjaga stamina dan mencegah gangguan sihir. Apa hubungannya dengan sihir ? Lebih jelasnya kita buka hadis Bukhari bahwa Rosulullah bersabda , “Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir”.

Selain untuk mencegah gangguan sihir, masyarakat Timur Tengah memanfaatkan kurma untuk pengobatan tradisional untuk penyakit seperti sakit perut, diare, radang tenggorokan dan pilek. Selain itu masyarakat Arab juga biasa mengkonsumi air seduhan kurma yang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *