Ayooo Buat Rumah Kita Agar dimasuki Malaikat

Seringkali, kita melakukan sesuatu perbuatan yang tidak kita mengerti hukumnya, namun berdampak sangat besar terhadap kehidupan kita. Bukan karena lalai atau apa, namun lebih cenderung tidak memahami dikarenakan kurangnya pengetahuan atasnya.

Pernahkah kita menyadari, bahwasannya rumah kita juga didiami malaikat yang selalu memintakan ampun kepada Allah SWT atas dosa-dosa para penghuninya? Apakah kita juga menyadari, bahwasannya kita sering membuatnya tidak betah berada di dalam rumah kita? Iya, kita memang tidak mengerti, seperti apa bentuk protes mereka atas sikap kita. Yang jelas, Rasulullah saw telah memberi penjelasan salah satu penyebab mereka (para malaikat) tidak suka berada di dalam rumah orang mukmin yakni, “Malaikat tidak memasuki rumah yang ada padanya anjing dan gambar-gambar.” (HR. Bukhori)

“Jibril pernah berjanji kepada Rasulullah saw (untuk menurunkan wahyu), namun Jibril terlambat datang hingga Rasulullah menunggu sangat lama, lalu Rasulullah keluar dan menemuinya lalu menanyakan sebenarnya apa yang tengah terjadi, maka Jibril berkata kepada beliau: “Sesungguhnya kami tidak memasuki rumah yang di dalamnya terdapat gambar dan anjing” (HR. Bukhori).

Dilain Hadits, Aisyah ra mengatakan bahwa dia telah membeli numruqah (bantal untuk duduk) yang ada gambar (Makhluq Hidup). Rasulullah berdiri di depan pintu dan tidak masuk ke dalam rumah. Maka saya bertanya, “Wahai Rasulullah, aku bertaubat kepada Allah, sebenarnya dosa apa yang telah aku perbuat?” Beliau bersabda: “Bantal apa ini?” Dia menjawab, “Aku telah membelinya agar engkau duduk di atasnya atau engkau jadikan sebagai bantal.” Beliau bersabda: “Sesungguhnya orang yang menggambar gambar ini akan disiksa pada Hari kebangkitan. Dikatakan kepada mereka, ‘Hidupkan yang telah kalian buat, ‘ (Beliau bersabda): “Sesungguhnya malaikat tidak akan masuk ke dalam rumah yang ada gambarnya.” (HR. Bukhori)

Memelihara anjing bagi seorang muslim jelas tidak ada faedahnya. Selain menimbulkan najis berat, ia juga berpotensi membahayakan manusia karena penyakitnya. Namun, memasang gambar bernyawa atau patung dalam rumah, nampaknya ini menjadi hal yang ‘lumrah’ ada dalam setiap rumah orang mukmin saat ini.

Sahabat Rumah Kurma, mempercantik rumah bukanlah sesuatu yang dilarang. Sudah sewajarnya kita membersihkan dan menghiasi rumah agar kita betah tinggal disana. Namun tidak untuk memajang gambar-gambar mahkluq yang bernyawa. Perlu kita ketahui bahwasannya, Allah bahkan memberikan hukuman yang sangat berat kepada para pelukisnya / penggambarnya supaya mereka berhenti dari profesinya itu. “Manusia paling berat azabnya di sisi Allah pada hari kiamat adalah tukang-tukang gambar/pelukis” (HR. Bukhari).

Tertulis dalam sebuah kitab berjudul, ‘Rumah Yang Tidak Dimasuki Oleh Malaikat’ karya Abu Hudzaifah Ibrahim ibn Muhammad, bahwasannya ada beberapa alasan lain mengapa malaikat tidak mau masuk ke dalam rumah seseorang yang beriman. Jauhilah itu semua, supaya malaikat betah tinggal dalam rumah kita dan berikut penjelasannya:

  1. Rumah orang yang memutuskan silaturahim
  2. Rumah orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya
  3. Rumah orang yang memakan harta anak yatim
  4. Rumah orang yang memakan riba
  5. Rumah yang di dalamnya tidak disebutkan Asma Allah
  6. Rumah yang tidak ada shalawat di dalamnya dan lebih mementingkan hawa nafsu
  7. Rumah yang di dalamnya banyak caci maki dan laknat
  8. Rumah yang di dalamnya ada alunan lagu selain dzikir
  9. Rumah yang di dalamnya ada lonceng
  10. Rumah yang digunakan minum khamr
  11. Rumah yang ditempati perjudian dan sajian berhala
  12. Rumah yang di dalamnya ada syirik dan mantra-mantra
  13. Rumah yang di dalamnya ada bau tidak sedap atau penghuni laki-lakinya melumuri tubuh dengan kunyit
  14. Rumah yang penghuninya hidup boros
  15. Rumah yang penghuninya terus menerus melakukan kedurhakaan
  16. Rumah yang digunakan untuk kekejian, atau dosa besar

Jika malaikat-malaikat itu telah meninggalkan rumah kita, tentunya makhluk-makhluk kasat mata pengganti mereka adalah makhluk-makhluk jahat serupa jin dan setan. Tentu ini membuat suasana rumah kita tak lagi damai dan tentram, membuat rumah tangga kita jauh dari rahmat Allah SWT. Na’udzubillah mindzaalik.

Sahabat Rumah Kurma, maka dari itu, setelah kita memahami penjelasan diatas, mari kita terapkan pada rumah kita agar malaikat rahmat betah menemani kita di dalam rumah selamanya. Mari kita perbaiki, apa yang perlu diperbaiki pada diri, keluarga dan tempat yang kita tinggali. Jadikanlah suasana Islami selalu menghiasi disetiap sudut rumah. Tanggalkan lukisan-lukisan atau gambar-gambar yang bernyawa dan menggantinya dengan tulisan-tulisan indah ayat Al Quran atau kaligrafi.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *