Air Rendaman Kurma (Nabeez)

Jika anda belum pernah mendengar kata Air Nabeez, itu mungkin karena anda lebih familar dengan bahasa modern Infused Water, yakni ramuan air putih dengan potongan buah. Infused Water memiliki begitu banyak khasiat untuk kesehatan dan menjadi gaya hidup sehat modern. Namun tahukah anda bahwasanya Infused Water ini telah dilakukan sekitar 1400 tahun yang lalu ?? Ia- lah baginda Nabi Muhammad s.a.w yang mempelopori hidup sehat dengan Infused Water atau lebih tepatnya air Nabeez. Dan ini menjadi salah satu bukti kerosulan beliau s.a.w.

Air Nabeez adalah air rendaman (infused water) kurma / kismis (raisins). Kurma atau kismis di rendam dalam air masak semalaman (dalam wadah yang bertutup) dan diminum keesokkan paginya. Beliau s.a.w sangat menggemari air Nabeez ini. Beliau s.a.w merendam beberapa butir kurma atau kismis (salah satunya) di dalam air matang dalam wadah bertutup selama 12 jam. Airnya diminum & buah kurma yang sudah lembut ditelan sekali telan.

Dari Aisyah dia berkata, “Kami biasa membuat perasan untuk Rosululloh di dalam air minum yang bertali di atasnya, kami membuat rendaman di pagi hari dan meminumnya di sore hari, atau membuat rendaman di sore hari lalu meminumnya di pagi hari.” (H.R. Muslim).

Dan baru belakangan ini orang akhir zaman yang hidup modern menerapkan Infused Water. Mereka membuat air rendam dari aneka jenis buah buahan. Mereka juga melakukan diet sehat dengan infused water. Dan sebagai umat Nabi Muhammad s.a.w, air nabeez selain sehat yang pasti ialah sunah.

Air nabeez adalah minuman beralkali, yang mampu menolong membuang kelebihan asam pada perut dan memulihkan sistem pencernaan tubuh. Juga membantu badan untuk menyingkirkan toksin yang berbahaya didalam tubuh, dalam kata lain berguna sebagai detox. Sangat baik buat yang memiliki riwayat sakit asam lambung.

Disebabkan air nabeez tinggi akan kadar fiber, ia mampu membantu proses pencernaan yang baik & meningkatkan / menajamkan fikiran agar kita tidak mudah lupa. Subhanallah.

Cara Membuat Air Nabeez

Pertama, ambilah beberapa butir kurma dalam bilangan ganjil. Kemudian, rendamlah beberapa butir kurma tersebut ke dalam segelas air. Baiknya dibuat pada waktu sore menjelang malam, dan pastikan gelas rendaman kurma tersebut tertutup rapat. Keesokkan paginya (Sekitar 8-12 jam setelah perendaman), air rendaman baru boleh diminum & buah kurma hasil rendaman yang telah lembut ikut dimakan.

Kurma yang baik digunakan untuk membuat air nabeez adalah kurma ajwa. Tapi bila tidak ada kurma ajwa bisa menggunakan buah kurma yang lainnya. Selain itu, kalau ingin membuat air nabeez dengan menggunakan buah kismis pun bisa. Caranya, ambil segenggam kismis, kemudian direndam dalam segelas air. Dan dibiarkan semalaman seperti membuat air rendaman kurma. Namun sebaiknya jangan mencampur keduanya, kurma dan kismis.

Air nabeez bila tersimpan di dalam lemari es bisa bertahan 1 hingga 2 hari. Tetapi jangan meminum air rendaman kurma / kismis yang sudah memasuki lebih dari 3 hari, karena akan terjadi proses fermentasi, yang menjadikan, air rendaman kismis / kurma tersebut menjadi arak, dan dan hukumnya haram untuk diminum.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *