Kurma Ajwa Kurmanya Nabi berasal dari Surga

Rasulullah pernah menyampaikan wasiat berharga kepada kita,

“Berilah makan buah kurma kepada isteri-isterimu yang sedang hamil, karena sekiranya wanita hamil itu memakan buah kurma, niscaya anak yang akan lahir kelak akan menjadi anak yang penyabar, bersopan santun serta cerdas. Sesungguhnya makanan Siti Maryam ketika melahirkan Nabi Isa as adalah buah kurma. Sekiranya, Allah SWT menjadikan suatu buah yang lebih baik dari pada buah kurma, maka Allah telah memberi makan buah itu kepada Siti Maryam.” (HR. Bukhari)

Ikhwan Fillah, hadits diatas secara jelas menyebutkan bahwasannya kurma merupakan buah yang paling baik diantara buah yang lain. Khasiatnya banyak sekali, diantaranya disebutkan mampu membuat anak terlahir memiliki pribadi yang penyabar, sopan santun serta cerdas. Mengapa bisa begitu? Jika Rasulullah yang mengatakannya, tentu benar adanya, tanpa perlu kita cari tahu jawabannya, karena hanya dengan mata kenabian kita bisa mengerti manfaatnya. Seperti halnya, jika anda sakit, dokter memberikan anda obat dan tentunya hanya dokter yang lebih mengerti khasiat dari obat itu. Jika kita memaksa meminta kejelasan, tentu akan membuat kita bingung sendiri.

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menanyakan (kepada Nabimu) hal-hal yang jika diterangkan kepadamu akan menyusahkan kamu dan jika kamu menanyakan di waktu Al Quran itu diturunkan, niscaya akan diterangkan kepadamu, Allah memaafkan (kamu) tentang hal-hal itu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun. (QS. Al Maidah: 101)

Hmm… siapa sih orangtua di dunia ini yang nggak pengen punya buah hati cerdas berprestasi dan berakhlaq mulia seperti disebutkan Rasulullah pada hadist di atas? So, buat akhwat yang sedang hamil, sebagai orang yang beriman, tentu jalan terbaik adalah mentaati sabda nabinya. Jangan bingung mencari kurma, di toko kami tersedia banyak macamnya!

Mungkin untuk kandungan gizi dalam kurma yang bisa membuat cerdas bisa diteliti oleh para ilmuwan, namun apakah naluri keilmuwan para peneliti itu bisa mengungkapkan khasiat kurma yang bisa membuat anak terlahir memiliki pribadi penyabar dan sopan santun? Sekali lagi, ini adalah rahasia Allah yang lebih diketahui oleh Allah sendiri dan nabiNya. Kita wajib meyakini kebenarannya Itu, seperti halnya kita meyakini kebenaran surga dan neraka meski tiada satu manusiapun yang tahu pasti tentangnya. Ikhwan Fillah, melihat manfaatnya begitu luas bagi tubuh kita, maka tiada salahnya jika kita menjadikan kurma sebagai buah favorit untuk dikonsumsi setiap hari.

Buah kurma memiliki jenis yang bermacam-macam. Satu-satunya yang paling favorit kesukaan Nabi adalah Kurma Ajwa. Ada kisah berharga dari penamaan kurma Ajwa ini.

 

SEJARAH PENAMAAN KURMA AJWA

Kisah ini berawal ketika Rasulullah seringkali tiada makanan untuk berbuka puasa. Malaikat Jibril mengerti hal itu dan memohon kepada Allah agar Allah berkenan memberikan makanan yang baik baginya. Allah pun mengirim Malaikat Jibril menghadap Rasulullah dengan membawa makanan yang dimintanya berupa Kurma. Oleh karena itu, Kurma Ajwa juga dikenal dengan sebutan Kurma Surga, sesuai dengan sabda Rasulullah, “Kurma Ajwa itu berasal dari Surga, ia adalah obat dari racun.” (HR. Ibnu Majah, Ahmad, At-Tirmidzi)

Kurma itu berbeda dengan kurma yang ada di bumi. Rasulullah menyantapnya dan kemudian menanam sendiri bijinya di sebuah kebun kurma di samping masjid Quba Madinah. Kebun kurma tempat Rasulullah menanam biji kurma itu merupakan kebun pemberian sahabat Salman Al-Farisi, seorang Muallaf yang terkenal banyak berjasa pada beberapa peperangan membela Umat Islam. Untuk mengenang jasanya itu, Rasulullah mengambil nama putra Salman yang bernama ‘Ajwa’ untuk dijadikan nama kurma pemberian Jibril itu.

 

KHASIAT KURMA AJWA

Kurma ini memiliki keistimewaan tesendiri dibanding kurma yang lain. Ada 2 keutamaan itu antara lain seperti yang disebutkan dalam hadits nabi,

“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir”(HR. Imam Bukhori dan Muslim)

Pertama, Kurma Ajwa mampu digunakan sebagai penangkal racun. Hal ini dibuktikan sendiri oleh Rasulullah saw, tatkala beliau terkena racun yang dicampurkan kedalam sajian kambing oleh wanita Yahudi. Kisah selengkapnya sesuai hadits berikut,

“Dahulu Jabir menceritakan bahwasannya ada wanita Yahudi dari penduduk Khaibar meracuni hidangan kambing bakar. Kemudian menghadiahkannya kepada Rasulullah saw.

Rasulullah saw mengambil paha kambing itu dan memakannya. Beberapa Sahabat pun juga ikut makan bersama Beliau. Sejurus kemudian, Rasulullah berkata kepada para Sahabat, “Jangan kalian makan!” Rasulullah kemudian mengutus seseorang untuk memanggil wanita (yang memberi kambing) itu dan wanita itu pun datang. Rasulullah segera bertanya kepadanya, “Apakah kamu telah meracuni kambing ini?”

Wanita itu menjawab, “Siapa yang memberitahumu?”

Rasulullah menjawab, “Paha kambing ini yang telah mengatakan padaku.”

Wanita itu berkata, “Ya” (aku telah meracuninya).

Rasulullah saw bertanya lagi, “Apa yang kamu inginkan dari perbuatanmu ini? “Wanita itu berkata dalam hati, “Jika dia seorang nabi, makanan itu pasti tak akan membahayakannya. Dan jika dia bukan seorang nabi, maka kami akan selamat dari gangguannya.”

Selanjutnya Rasulullah saw memaafkan wanita itu dan tidak menghukumnya.

Sebagian Sahabat yang memakan kambing itu meninggal dunia. Rasulullah saw sendiri berbekam kepada Abu Hindun (bekas budak bani Bayadhah) dengan tanduk dan pisau (untuk mengeluarkan racunnya).

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa ketika ada seorang Sahabat nabi yang meninggal karena racun tersebut, maka wanita itu diperintahkan oleh Rasulullah saw agar dibunuh.

Imam Nawawi ra berkata,

“Sepertinya racun itu meninggalkan tanda atau bekas, berupa warna hitam atau yang lainnya.” Nama wanita Yahudi itu adalah Zainab binti Harits, istri Salam bin Misykam, salah seorang pembesar Yahudi. (Syarh Shahih Muslim)

Kedua, khasiat kurma Ajwa atas izin Allah mampu menangkal atau menyembuhkan gangguan sihir. Ikhwan pernah lihat kan acara ruqyah yang tiap weekend di tayangkan di salah satu televisi swasta? Iya, seringkali ustadznya menggunakan kurma Ajwa untuk obat bagi si pasien ruqyah.

Ikhwan Fillah sebenarnya secara nyata sudah kita lihat sendiri khasiat kurma Ajwa ini sebagai obat penyembuh gangguan sihir di televisi swasta itu, tapi rasanya kurang lengkap jika tidak kami tunjukan sebuah kisah yang mengherankan di sebuah negara di timur tengah mengenai kemujarraban kurma Ajwa ini sebagai penangkal sihir. Yuk, simak kisahnya berikut ini!

Di tulis dalam sebuah website, sebuah pengalaman pribadi bahwasannya si penulis pernah memborong kayu bakar untuk suatu keperluan. Ia pun menaruh seluruh kayu itu di rumah dan bersiap untuk memotongnya menjadi bagian kecil. Namun tak disangka, ada satu batang kayu aneh yang ditancapi banyak paku. Hatinya diliputi keraguan untuk memotongnya atau tidak. Ia pun memutuskan untuk bertanya kepada seorang syaikh (di daerah kita disebut ustadz/kyai).

“Ketahuilah, itu merupakan perbuatan sihir yang dikirimkan oleh seseorang untuk mencelakai korbannya. Melihat banyaknya jumlah paku itu, sepertinya itu ditujukan untuk satu keluarga. Andai saja paku-paku itu benar-benar menembus korbannya, mereka semua bisa sakit keras atau bahkan mati.” Begitu penjelasan syaikh. Rupanya, setelah ditelusuri berdasarkan petunjuk syaikh itu, satu keluarga yang menjadi sasaran sihir itu memiliki kebiasaan memakan buah kurma Ajwa, sesuai sabda Rasulullah diatas.

Begitulah, uraian seputar khasiat Kurma Ajwa. Jika Rasulullah yang mengatakannya, tentu benar adanya dan sebagai muslim yang beriman, sudah sepantasnya mengikuti jalan Nabi untuk kebaikan kita sendiri. Mari kita biasakan tiap pagi mengkonsumsi buah kurma Ajwa ini, Anda tak perlu bingung membeli dimana. Toko kami siap sedia. Insya Allah, asli dari Madinah. Pesan Kurma Ajwa sekarang Aya Bunda! Melaksanakan sunnah Rasul, selain mendapat pahala juga mendapat kebaikan dunia. Maka, janganlah suka menunda-nunda kebaikan!

Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *