Perbuatan Kitalah Yang Mengundang Bencana

Alloh Swt. berfirman, “Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Alloh, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri..” (QS. An Nisaa [4] : 79)

Dalam ayat-Nya yang lain Alloh Swt. berfirman, “Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Alloh memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. Asy Suro [42] : 30)

Saudaraku, sesungguhnya Alloh Swt. sangat ingin kita, hamba-hamba-Nya, hidup selamat dan bahagia di dunia dan akhirat. Oleh karena itu, Alloh turunkan Al Quran secara sempurna, dan Alloh utus pula para nabi dan rosul untuk secara langsung membimbing kita ke jalan-Nya. Alloh jelaskan mana yang halal dan mana yang haram, Alloh terangkan pula mana amal-amal yang mengantarkan kepada kebahagiaan, dan mana amal-amal yang mengundang datangnya nestapa.

Alloh memerintahkan kita untuk tidak berbuat zholim, untuk membantu sesama dan menjauhkan diri dari perbuatan aniaya baik terhadap manusia, binatang maupun alam. Semua itu adalah untuk kebaikan dan keselamatan kita sendiri, karena kebaikan akan kembali kepada pelakunya. Namun, demikian juga sebaliknya, keburukan pun akan kembali kepada pelakunya.

Maka, ketika ada kepahitan menimpa diri kita, yang terpenting yang harus dilakukan adalah memeriksa ke dalam diri kita dan bertanya, dosa apa yang sudah kita lakukan dan belum ditaubati. Demikian juga ketika ada bencana yang terjadi di sekitar kita atau bahkan menimpa kita, periksalah barangkali selama ini kita sudah zholim namun terlanjur dianggap biasa.

Alloh Swt. mustahil zholim pada makhluk-Nya. Keburukan yang menimpa kita tiada lain adalah karena diundang oleh perbuatan kita sendiri.

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahaba rumah kurma sahara

referensi : smstauhid

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *