Mengamalkan Ilmu

ada orang yang berilmu tapi tidak mengamalkan ilmunya. Ia berilmu hanya untuk dipergunakan saat berdebat agar terlihat pintar oleh orang lain. Ia berilmu hanya untuk diceramahkan agar terlihat sebagai seorang alim di hadapan orang lain. Ilmu hanya dimanfaatkan untuk mencari kekaguman orang, bukan diamalkan demi keberkahannya.

Padahal jikalau kita mengamalkan ilmu meskipun ilmu yang kita peroleh masih sedikit, niscaya Alloh akan membukakan kepada kita ilmu-ilmu lainyang belum kita ketahui. Ibnu ‘Abbad r.a pernah mengatakan, “Barangsiapa yang berusaha mengamalkan ilmu yang telah diketahuinya, maka Alloh akan menunjukkan mereka pada apa yang belum mereka ketahui.”

Semakin ilmu kita amalkan, akan semakin banyak manfaatnya dan semakin kuat pula kita memahami ilmu tersebut. Karena boleh jadi ilmu yang masih sedikit yang kita miliki tersebut, justru akan semakin lengkap manakala kita mengamalkannya. Kita akan semakin mengerti sisi-sisi mana saja yang masih belum kita ketahui pada ilmu tersebut.

Ilmu akan membuat kita mengerti hidup ini. Dan, beramal dengan ilmu akan membuat kita sampai pada hakikat dan tujuan hidup ini. Semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung karena mengamalkan ilmu.

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : aagym

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *