Menebarkan Manfaat Kepada Setiap Sesama

Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa menghilangkan kesulitan dari seorang muslim dari kesulitan-kesulitan dunia, maka Alloh akan menghilangkan darinya kesulitan-kesulitan pada hari kiamat. Alloh akan selalu menolong seseorang selama ia menolong orang lain.” (HR. Muslim, Ahmad, Tirmidzi).

Saudaraku, pada hakikatnya manusia selalu membutuhkan keterlibatan orang lain dalam hidupnya. Pada helai baju yang kita pakai hari ini saja, banyak tangan yang sudah terlibat di sana. Ada keterlibatan petani kapas, ada keuletan pembuat kain, ada kesungguhan pedagang dan keterampilan penjahitnya, dan seterusnya hingga sampai di badan kita. Begitu juga pada makanan yang kita nikmati hari ini. Ada keterlibatan petani padi, pembuat garam, tangan dingin yang memasak dan seterusnya.

Maasyaa Alloh! Sungguh banyak manfaat yang sudah kita terima dari orang lain. Maka dari itu, sudah sepatutnya kita pun berbuat demikian, menjadi manfaat bagi orang lain. Karena sebagaimana yang Rosululloh Saw. ajarkan bahwa manusia yang paling baik adalah yang bermanfaat bagi sesamanya.

Tidak boleh kita hidup individualis apalagi egois hanya mementingkan kepentingan diri sendiri saja. Karena pada dasarnya fitrah manusia tidaklah demikian. Kita adalah makhluk sosial yang sebenarnya kebahagiaan sejati akan kita rasakan manakala kita bisa membahagiaan orang lain.

Dan, Rosululloh Saw. adalah figur teladan yang paling depan dalam urusan membantu sesama dan membela kepentingan umat manusia, sampai-sampai di akhir hayat beliau pun beliau masih saja memikirkan kepentingan umatnya. Semoga kita termasuk pengikut beliau yang juga meneladani akhlak mulianya untuk bisa memberikan manfaat bagi orang lain dan lingkungan kita. Barang siapa menolong sesama, maka niscaya Alloh Swt. akan menolongnya.

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : smstauhid

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *