Berbuat Baik Tanpa Pamrih

Allah Swt. berfirman, “Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya. Dan muka mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya.” (QS. Yunus [10] : 26)

Dalam ayat yang lain Alloh Swt. berfirman, “..Dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Alloh menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al Baqarah [2] : 195)

Dalam dua ayat ini Alloh memberikan petunjuk kepada kita bahwa Dia mencintai hamba-hamba-Nya yang berbuat baik. Nah, berbuat baik seperti apa? Yaitu perbuatan baik yang diniatkan lillaahita’ala. Kebaikan yang dilakukan dengan mengejar ridho Alloh Swt. Kebaikan yang dilakukan dengan maksud supaya semakin dekat dengan Alloh Swt. Inilah puncak kebaikan.

Karena ada juga orang yang berbuat baik supaya dianggap baik oleh orang lain. Ada yang berbuat baik supaya orang lain berhutang budi. Begitu banyak orang yang berbuat baik bukan dengan kebaikan yang asli, karena kebaikan yang asli murni hanya satu yaitu kebaikan yang tulus tanpa pamrih kecuali hanya mengharap perhatian dari Alloh Swt.

Sehingga bagi kita, berbuat baik itu tidak dipengaruhi dengan pengetahuan orang lain. Mau orang lain melihat atau tidak, orang lain mendengar atau tidak, orang lain tahu atau tidak, kita tetap melakukan kebaikan karena kita yakin Alloh selalu memperhatikan kita. Kita berbuat baik tapi orang lain menjelek-jelekkan kita, tidak apa-apa karena hanya perhatian Alloh yang kita maksudkan. Kita berbuat baik tapi orang lain tidak mengakui kebaikan kita, tidak menghargai kebaikan kita, tidak apa-apa karena kita hanya mengharapkan pernghargaan dari Alloh semata.

Tetaplah berbuat baik meskipun orang lain tidak peduli pada kebaikan kita. Karena Alloh Swt. senantiasa peduli pada sekecil apapun kebaikan yang dilakukan oleh hamba yang beriman kepada-Nya. Tidak ada yang sia-sia, sekecil apapun amal kebaikan pasti ada perhitungan dan ganjaran yang berlipat ganda di sisi Alloh Swt. Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa lillaahita’ala dalam beramal dan senantiasa antusias dalam berbuat kebaikan.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *