Amalain Sedikit Tapi Istiqamah

Rosululloh Saw. bersabda, “Amalan yang paling dicintai oleh Alloh adalah amalan yang dawam/kontinu walaupun sedikit.” (HR. Muslim)

Jadi, amal sholeh yang sedikit tapi dilakukan secara terus-menerus ini lebih disukai oleh Alloh. Kenapa? Karena kalau terus-menerus berarti dzikirnya juga terus-menerus, ingat pada Alloh-nya juga terus-menerus, taqorubnya juga terus-menerus.

Sebagai contoh, ada orang yang setiap selesai sholat fardhu membaca Al Quran satu halaman. Memang sedikit. Tapi, dia melakukannya secara kontinu setiap selesai sholat. Artinya, semakin sering lisannya melafalkan firman Alloh, semakin banyak matanya melihat untaian kalimat-kalimat dari firman Alloh, semakin sering telinganya mendengar pembacaan ayat-ayat Alloh dan semakin sering pula hatinya tersentuh dengan ingatan-ingatan kepada Alloh. Semakin sering dia bersentuhan dengan ayat-ayat Al Quran, maka semakin terjaga hatinya, semakin terkontrol perilakunya, semakin baik akhlaknya. Maasyaa Alloh.

Seperti sebongkah batu yang besar dan keras namun bisa memiliki cekungan halus nan indah hanya karena tetesan air yang jatuh di atasnya sedikit demi sedikit namun kontinu. Bongkahan batu itu tidak akan memiliki cekungan tersebut jikalau ditimpa air satu drum sekaligus. Inilah gambaran dari kekuatan istiqomah.

Sedekah yang sedikit nominalnya namun dilakukan secara istiqomah, maka akan bernilai sangat besar di hadapan Alloh. Doa singkat yang kita baca setiap kali masuk kamar kecil, nampak seperti amal yang tak berarti, namun akan menjadi sangat berarti pada timbangan pahala di hadapan Alloh karena dilakukan secara istiqomah.

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : smstauhid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *