Pertolongan Allah SWT Bagi Siapa Saja Yang Membela Agamanya

Allah berfirman:
وَلَيَنصُرَنَّ ٱللَّهُ مَن يَنصُرُهُۥٓ إِنَّ ٱللَّهَ لَقَوِيٌّ عَزِيزٌ

“…Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa.” (QS. Al-Hajj: 40)

Janji pertolongan dalam ayat ini berasal dari Allah subhanahu wa ta’ala dzat yang maha menepati janji, dan kita wajib untuk meyakininya karena Allah berfirman dalam ayat lain:
وَعدَ ٱللَّهِ حَقّا وَمَن أَصدَقُ مِنَ ٱللَّهِ قِيلا

“..Allah telah membuat suatu janji yang benar. Dan siapakah yang lebih benar perkataannya dari pada Allah.” (QS. An-Nisa’: 122).

Siapa saja bisa berjanji bahkan bersumpah, namun belum tentu ia bisa menepatinya karena ia tidak tahu apa akan akan terjadi, tetapi Allah subhanahu wa ta’ala tidaklah demikian, Ia maha berkehendak dan maha mampu untuk menepati janji-janjinya, Allah berfirman:
إِنَّمَا أَمرُهُۥٓ إِذَا أَرَادَ شَي‍ًٔا أَن يَقُولَ لَهُۥ كُن فَيَكُونُ

Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: “Jadilah!” maka terjadilah ia.” (QS. Yasiin: 82).

Ayat diatas ditutup dengan menyebutkan dua sifat dari sifat-sifat Allah yang mulia yaitu “Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa.” Jika Allah maha kuat dan perkasa maka tidak mungkin Ia tidak mampu untuk menepati janjinya untuk memberikan pertolongan kepada orang-orang yang membela agamaNya.

Maka dari sini kami simpulkan bahwa Allah subhanahu wa ta’ala tidak akan menyia-nyiakan hamba yang menolong dan membela agamaNya baik dengan perkataan seperti berdakwah atau dengan perbuatan seperti berjihad jika dilakukan SESUAI TUNTUNAN Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan ikhlas kepada Allah subhanahu wa ta’ala, Allah subhanahu wa ta’ala pasti akan menolongnya cepat ataupun lambat walau mungkin ia akan menghadapi berbagai ujian dan cobaan dalam menjalaninya.

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : muslimahzone

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *