Masalah Hidup Bagian Dari Karunia

sahabat rumah kurma sahara, Alloh Swt. berfirman, “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan Sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Alloh mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (QS. Al Ankabut [29] : 2-3)

Dalam ayat ini Alloh Swt. mengingatkan kepada kita bahwa persoalan hidup adalah keniscayaan. Dan bagi orang yang beriman, persoalan hidup akan datang sebagai jalan untuk memperkuat keyakinan kepada kekuasaan Alloh Swt. Jika kita membaca sejarah orang-orang yang beriman terdahulu, sejarah nabi Saw. dan para sahabat, maka persoalan yang kita hadapi saat ini tidaklah seberapa. Namun, seberat apapun persoalan yang dihadapi oleh mereka, maka akan semakin kuat keyakinan mereka kepada Alloh Swt. Dan, benar saja, kemenangan sejati kaum muslimin ternyata bisa diraih dengan sikap mujahadah, penuh perjuangan, kesabaran menghadapi persoalan hidup.

Maka, hikmah yang bisa kita petik adalah bahwa persoalan hidup mesti kita pandang sebagai karunia dari Alloh, sebagai jalan untuk makin dekat dengan-Nya. Sehingga kita bisa menyikapinya dengan sikap-sikap yang disukai oleh Alloh Swt. Dengan demikian, persoalan hidup yang dalam pandangan manusia adalah sesuatu yang memberatkan, justru bisa berbuah keadaan yang meringankan dan membahagiaan. Insyaa Alloh. Wallohua’lam bishowab

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : aagym

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *