2 Amalan Di Bulan Syawal

sahabat rumah kurma sahara, di bulan Syawal ini banyak yang telah mengetahui adanya amalan yang utama dilakukan, akan tetapi meskipun sudah populer… sudahkah kita melakukan amalan berikut ini? Ehemm… khusus amalan kedua, mudah-mudahan dilakukan seumur hidup satu kali saja.

1. Berpuasa 6 hari di bulan Syawal

Ini adalah amalan yang sangat utama di bulan Syawal, sudahkah kita memprioritaskannya? Dibandingkan halal bi halal, semestinya kita bisa mendahulukan puasa sunah 6 hari di bulan Syawal, terutama saat awal-awal sampai pertengahan bulan. Sehingga bagi yang punya utang puasa Ramadhan, bisa melakukan puasa qadha juga di bulan Syawal ini.

Hadits mengenai amalan ini sungguh luar biasa:
“Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan lalu diiringinya dengan puasa enam hari bulan Syawal, berarti ia telah berpuasa setahun penuh.”(HR Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i dan Ibnu Majah)

 

2. Menikah

Tentu saja ini diutamakan untuk para pemuda yang masih single, menikahlah, dan jangan takut untuk mengadakan akad nikah di bulan Syawal. Adat jahiliyah dulu meyakini bulan Syawal adalah bulan membawa sial untuk pernikahan, namun demikian pernikahan Aisyah dan Rasulullah in syaa Allah telah menjadi bukti pada kita keutamaan menikah di bulan ini.
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menikahiku di bulan Syawal, dan membangun rumah tangga denganku pada bulan syawal pula. Maka isteri-isteri Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wassalam yang manakah yang lebih beruntung di sisinya dariku?” (Perawi) berkata, “Aisyah Radiyallahu ‘anhaa dahulu suka menikahkan para wanita di bulan Syawal” (HR. Muslim).
Itulah 2 amalan utama di bulan Syawal yang amat populer di kalangan umat muslim, namun tidak cukup hanya populer… sudahkah kita mengamalkannya, terutama yang poin pertama. Semoga Allah mudahkan
semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara
referensi : ummi – online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *